dc.description.abstract |
Industri kuliner di Kota Bandung terus berkembang dan banyak diminati terutama pada jenis usaha café dan restauran. Banyaknya jumlah café dan restauran di Kota Bandung membuat persaingan semakin ketat, seperti yang terjadi pada Old Bike Coffee and Eatery. Berdasarkan hasil pengamatan, dan wawancara, diketahui bahwa terjadi permasalahan di mana target penjualan yang tidak pernah mencapai target, serta kedatangan jumlah pengunjung yang rendah. Pihak owner dari Old Bike café ternyata belum mengetahui secara pasti segmen dan target pasar yang akan dituju. Oleh sebab itu, perlu dilakukan identifikasi dan segmentasi pasar dari Old Bike, serta melakukan identifikasi karateristik dari segmen yang terbentuk. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa Maranatha yang pernah mengunjungi café. Dilakukan analisis dan seleksi data dari perolehan hasil kuesioner tersebut, lalu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Bila kuesioner telah valid dan reliabel maka dapat dilakukan pengolahan data menggunakan metode K-means Cluster untuk mengelompokkan konsumen yang memiliki karakteristik atau preferensi yang sama.
Berdasarkan analisis cluster, diperoleh 5 segmen yang memiliki karakterisik yang berbeda pada pangsa pasar Old Bike saat ini. Segmen 1 merupakan mahasiswa yang hanya akan mengunjungi sebuah café yang bersih secara menyeluruh. Segmen 2 merupakan mahasiswa yang easy going dan tidak begitu selektif atau tidak memiliki preferensi khusus dalam pemilihan café. Segmen 3 merupakan mahasiswa yang memiliki pandangan bahwa café sudah merupakan tempat makan dan minum yang bersih. Segmen 4 merupakan mahasiswa yang memperhatikan lokasi café yang dekat dengan kampus, tujuan mengunjungi café salah satunya untuk membuat tugas. Segmen 5 merupakan mahasiswa yang memberi perhatian besar terhadap seluruh elemen dalam pemilihan sebuh café. Target pasar yang dipilih Old Bike café adalah segmen 2, 3, 4, dan 5. Segmen 3, dijadikan primary target sedangkan segmen 2, 4, dan 5 menjadi secondary target.. Usulan yang diberikan berupa bauran pemasaran 7P (product, price, promotion, place, physical evidence, process). |
en_US |