Perancangan aplikasi Wayfinding untuk Kampus IPB dengan memperhatikan aspek user experience

Show simple item record

dc.contributor.author Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Angkawijaya, Stephanie
dc.date.accessioned 2017-12-14T04:21:45Z
dc.date.available 2017-12-14T04:21:45Z
dc.date.issued 2015
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4599
dc.description Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional dan Kongres Perhimpunan Ergonomi Indonesia 2015. Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Perhimpunan Ergonomi Indonesia. Yogyakarta, 17-19 November 2015. en_US
dc.description.abstract Institut Pertanian Bogor (IPB), dengan luas lahan sebesar 260 Ha, memiliki konsep agroedutourism, sehingga seringkaii dikunjungi oleh pengunjung yang kurang mengemal area kampus IPB. Namun demikian, informasi mengenai petunjuk jalan di area kampus iPB masih tidak lengkap dan sulit untuk diperoleh. Hal tersebut seringkali menyebabkan pengunjung tersesat dan kesulitan untuk mencari lokasi yang dituju. Perancangan sebuah aplikasi wayfinding mobile yang dapat membantu mencari lokasi dan menyampaikan berbagai informasi penting mengenai kampus IPB dapat menjadi satu solusi. Dalam merancang aplikasi ini dilakukan identifikasi kebutuhan pengguna melalui wawancara. Berdasarkan kebutuhan yang teridentifikasi, selanjutnya dirancang empat alternatif konsep apiikasi melalui sebuah design workshop. Alternatif konsep yang dihasilkan dinilai secara kualitatif dan kuantitatif, sehingga terpilih satu konsep yang akan dikembangkan lebih lanjut dan diterjemahkan menjadi sebuah prototype. Prototype aplikasi tersebut selanjutnya dievaluasi dengan memperhatikan aspek user experience. Evaluasi prototype dilakukan secara kontekstual, dimana partisipan menggunakan prototype aplikasi secara langsung di campus IPB untuk menyelesaikan beberapa skenario tugas. Data evaluasi dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, think aloud, wawancara, dan kuesioner System Usability Scale (SUS). Secara umum, prototype aplikasi telahi memberikan user experience yang positif, baik dari segi pragmatis maupun hedonis. Data evaluasi juga mengidentifikasi beberapa kekurangan prototype yang menjadi dasar perbaikan untuk penyempurnaan aplikasi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Perhimpunan Ergonomi Indonesia en_US
dc.subject USER EXPERIENCE en_US
dc.subject DESAIN INTERAKSI en_US
dc.subject HUMAN-COMPUTER INTERACTION en_US
dc.subject APLIKASI WAYFINDING en_US
dc.title Perancangan aplikasi Wayfinding untuk Kampus IPB dengan memperhatikan aspek user experience en_US
dc.type Conference Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account