dc.contributor.author |
Samho, Bartolomeus |
|
dc.date.accessioned |
2017-11-30T05:35:51Z |
|
dc.date.available |
2017-11-30T05:35:51Z |
|
dc.date.issued |
2016 |
|
dc.identifier.other |
maklhsc325 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/4434 |
|
dc.description |
Makalah dipresentasikan pada Konfrensi Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia ( HIDESI) ke XXVI. Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia (HIDESI). Surabaya, 21-23 Juli 2016. |
en_US |
dc.description.abstract |
Perkara pendidikan senantiasa menjadi hal yang aktual sebab titik sentuhnya adalah manusia. Bapak Pendidikan Nasional bangsa Indonesia, Ki Hadjar Dewantara, mengupayakan pendidikan berdasarkan asas-asas, metode, dan semboyan yang dipandangnya relevan untuk membangun kesadaran moral generasi muda Indonesia. Baginya, pendidikan adalah upaya memberi ilmu dan menanamkan nilai-nilai moral kepada para peserta didik agar budi (nalar) dan pekerti (perilaku, tindakan) mereka mencerminkan perikemanusiaan. Sementara tujuannya adalah untuk memerdekakan aspek lahiriah dan batiniah para peserta didik. Dalam kerangka itu, para pendidik berperan sebagai teladan dalam perilaku yang bermoral. Lembaga pendidikan adalah lembaga yang bertanggungjawab dalam mendidik budi (nalar) dan menanamkan serta menyadarkan nilai-nilai moral kepada para peserta didik agar mereka mampu membangun hidup yang tertib dan damai dengan orang lain. Tulisan ini hendak mendeskripsikan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. |
en_US |
dc.publisher |
Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia (HIDESI) |
en_US |
dc.subject |
DICKINSON'S DWELLING |
en_US |
dc.subject |
KI HADJAR DEWANTARA |
en_US |
dc.subject |
PENDIDIKAN |
en_US |
dc.subject |
PENGAJARAN |
en_US |
dc.subject |
PENYADARAN AKAN NILAI-NILAI MORAL |
en_US |
dc.subject |
BUDI PEKERTI |
en_US |
dc.subject |
KETELADANAN |
en_US |
dc.subject |
KEMERDEKAAN ASPEK LAHIRIAH-BATINIAH |
en_US |
dc.title |
Mengupayakan Pendidikan Nilai-Nilai Moral Berdasarkan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara |
en_US |
dc.type |
Conference Papers |
en_US |