Mengupayakan Pendidikan Nilai-Nilai Moral Berdasarkan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Show simple item record

dc.contributor.author Samho, Bartolomeus
dc.date.accessioned 2017-11-30T05:35:51Z
dc.date.available 2017-11-30T05:35:51Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.other maklhsc325
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4434
dc.description Makalah dipresentasikan pada Konfrensi Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia ( HIDESI) ke XXVI. Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia (HIDESI). Surabaya, 21-23 Juli 2016. en_US
dc.description.abstract Perkara pendidikan senantiasa menjadi hal yang aktual sebab titik sentuhnya adalah manusia. Bapak Pendidikan Nasional bangsa Indonesia, Ki Hadjar Dewantara, mengupayakan pendidikan berdasarkan asas-asas, metode, dan semboyan yang dipandangnya relevan untuk membangun kesadaran moral generasi muda Indonesia. Baginya, pendidikan adalah upaya memberi ilmu dan menanamkan nilai-nilai moral kepada para peserta didik agar budi (nalar) dan pekerti (perilaku, tindakan) mereka mencerminkan perikemanusiaan. Sementara tujuannya adalah untuk memerdekakan aspek lahiriah dan batiniah para peserta didik. Dalam kerangka itu, para pendidik berperan sebagai teladan dalam perilaku yang bermoral. Lembaga pendidikan adalah lembaga yang bertanggungjawab dalam mendidik budi (nalar) dan menanamkan serta menyadarkan nilai-nilai moral kepada para peserta didik agar mereka mampu membangun hidup yang tertib dan damai dengan orang lain. Tulisan ini hendak mendeskripsikan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. en_US
dc.publisher Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia (HIDESI) en_US
dc.subject DICKINSON'S DWELLING en_US
dc.subject KI HADJAR DEWANTARA en_US
dc.subject PENDIDIKAN en_US
dc.subject PENGAJARAN en_US
dc.subject PENYADARAN AKAN NILAI-NILAI MORAL en_US
dc.subject BUDI PEKERTI en_US
dc.subject KETELADANAN en_US
dc.subject KEMERDEKAAN ASPEK LAHIRIAH-BATINIAH en_US
dc.title Mengupayakan Pendidikan Nilai-Nilai Moral Berdasarkan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara en_US
dc.type Conference Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account