Abstract:
Toko Tiramisu and Coffee (TnC) merupakan satu dari banyak toko yang menjual cake dan masakan di Kota Bandung. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pemiliki untuk meningkatkan penjualan, salah satunya dengan menjual masakan untuk menarik konsumen datang ke Toko TnC. Namun, usaha ini masih belum membuahkan hasil, penjualan cake di Toko TnC masih tetap dari tahun ke tahun. Pemilik ingin menaikkan penjualan 5-10% dari penjualannya saat ini.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner ke konsumen Toko TnC dan konsumen yang berpeluang untuk menjadi konsumen Toko Tnc. Responden yang diperoleh dari penyebaran kuesioner sebanyak 132 konsumen Toko TnC dan 141 responden yang berpeluang menjadi konsumen Toko TnC. Setelah kuesioner diperoleh, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Bila kuesioner telah valid dan reliabel maka dapat dilakukan pengolahan data menggunakan metode K-means Cluster untuk mengelompokkan konsumen yang memiliki karakteristik yang sama.
Berdasarkan analisis klaster, diperoleh lima segmen yang memiliki karakterisik yang berbeda pada Toko TnC saat ini. Segmen 1 merupakan konsumen yang teliti dan berhati-hati dalam membeli cake. Segmen 2 merupakan konsumen yang dapat menjadi loyal dalam membeli cake. Segmen 3 merupakan konsumen yang membeli cake untuk diberikan kepada orang lain dan ingin mencoba variasi cake. Segmen 4 mirip dengan segmen 3 tetapi konsumen pada segmen ini hanya akan membeli cake yang biasa dibeli sehingga tidak mementingkan variasi cake, harga, promosi, dan informasi mengenai cake. Segmen 5 merupakan konsumen yang berani untuk membayar lebih untuk cake yang dapat di customize. Segmen 1 dijadikan primary target segmen karena memiliki karakteristik yang dapat memenuhi segmen lainnya. Usulan yang diberikan berupa bauran pemasaran 7P (product, price, promotion, place, physical evidence, process).