Korelasi pencapaian nilai USM dan IP tahun pertama terhadap peluang keberhasilan pada evaluasi tahap : studi kasus di FISIP UNPAR

Show simple item record

dc.contributor.author Pawitan, Gandhi
dc.contributor.author Yuliaty, Tety
dc.date.accessioned 2017-11-28T03:33:39Z
dc.date.available 2017-11-28T03:33:39Z
dc.date.issued 2007
dc.identifier.other 135378
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4267
dc.description Daftar Pustaka Laporan Penelitian en_US
dc.description.abstract Keberhasilan mahasiswa dalam menjalankan proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor tersebut dapat meliputi faktor internal ataupun eksternal. Selain itu juga dalam proses seleksi penerimaan dapat merupakan langkah awal dalam memprediksi keberhasilan nantinya. Kegagalan mahasiswa dalam proses pembelajaran yang berakibat pengunduran diri, dapat memberikan dampak yang buruk. Oampak buruk tersebut baik bagi pihak mahasiswa, maupun bagi pihak lembaga. Bagi mahasiswa telitli dalam aspek waktu, finansial, dan juga psikis. Sedangkan bagi lembaga,selain memberikan memberikan gambaran yang jelak untuk pihak eksternal, juga secara ekonomis akan merugikan. Apakah perangkat ujian saringa masuk, sudah memadai untuk mendeteksi tersebut ? Ataupun apakah perangkat evaluasi selama proses pembelajaran sudah dapat memberikan suatu peringatan dini ? Inilah pertanyaan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Berdasarkan data yang dikumpulkan dari angkatan 1998 sampai dengan 2006, ternyata menunjukkan bahwa hasil ujian saringa masuk dapat memberikan prediksi proporsi keberhasilan mahasiswa menyelesaikan studinya. Sedangkan nilai indeks prestasi semester kedua memberikan indikasi yang signifikan terhadap keberhasilan dan juga dapat menunjukkan kegagalan mahasiswa. Selain itu juga diperoleh bahwa nilai indeks prestasi semester kedua mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap nilai indeks prestasi evaluasi tahap pertama. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem peringatan dini dapat disusun berdasarkan nilai indeks prestasi semester kedua. Selain itu juga perlu ditekankan bahwa proses pembelajaran pad a semester pertama kedua harus disusun secara baik, dan semua pihak memahami hal tersebut. en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject PENCAPAIAN NILAI USM - PELUANG KEBERHASILAN - EVAL en_US
dc.title Korelasi pencapaian nilai USM dan IP tahun pertama terhadap peluang keberhasilan pada evaluasi tahap : studi kasus di FISIP UNPAR en_US
dc.type Research Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account