Abstract:
Seiring dengan perkembangan teknologi, maka kebutuhan manusia turut
berkembang. Hal ini mengakibatkan standar kepuasan konsumen berkembang
menjadi suatu pencapaian yang maksimal dari penggunaan suatu produk. Salah
satu strategi yang dapat diambil oleh suatu perusahaan untuk mempertahankan
eksistensi produk adalah dengan menciptakan konsumen yang loyal. Loyalitas
terhadap brand atau brand loyalty tidak terbentuk secara instan, namun
dibutuhkan pengalaman berinteraksi antara konsumen dengan brand tersebut.
Konsumen akan merasa terpuaskan jika sebuah produk tidak hanya dapat
memenuhi kebutuhan primer namun juga dapat memenuhi kebutuhan emosional.
Dengan adanya kepuasan maka brand loyalty akan terbentuk.
Produk Nu Green Tea yang diproduksi ABC President telah terbukti
unggul di antara produk sejenisnya. Untuk menjaga agar konsumen Nu Green
Tea setia untuk selalu menggunakan produk Nu Green Tea dan tidak berpindah
ke produk lain, maka sangatlah panting bagi perusahaan untuk memperhatikan
faktor Trust In Brand yaitu untuk membangun karakteristik dari brand yang
digunakan, karaketistik perusahaan dan karakteristik konsumen-merek. Apabila
ketiga karakteristik ini dapat dibangun oleh perusahaan dengan baik, maka
loyalitas akan timbul pada diri konsumen.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah SEM (Structural
Equation Modelling) dengan menggunakan software AMOS 6.0 Teknik yang
digunakan adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA). Analisis meliputi setiap
hubungan kausal (satu arah) antar variabel laten dalam model penelitan. Dari
hasil perhitungan diperoleh bahwa variabel Brand Reputation, Brand
Competence, Trust In Company, Company Reputation, Similiarity Between
Consumer Self-Concept, Brand Liking mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap Trust in Brand, variabel Brand Predictability tidak memiliki pengaruh
yang signifikan terhadap Trust in Brand serta variabel Company Trust Perceive
Motive tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel lain di dalam
model. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SEM dan
perhitungan nilai rata-rata jawaban responden, maka Emotional Value yang
belum dimiliki produk Nu Green Tea akan digunakan untuk meningkatkan Brand
Loyalty pada konsumen Nu Green Tea.
Untuk meningkatkan Brand Loyalty maka Trust In Company yang memiliki
pengaruh terbesar terhadap Trust In Brand perlu ditingkatkan. Selain itu, Brand
Predictability sebagai variabel independen yang yang mempengaruhi Trust In
Company juga perlu ditingkatkan. Selain berdasarkan pengaruh terbesar,
digunakan Emotional Value untuk meningkatkan Trust In Brand. Penerapan nilai-nilai
pembentuk Emotional Value seperti: Equity Value, Experience Value, dan
Energy Value akan meningkatkan variabel-variabel yang berpengaruh terhadap
Trust In Brand.