Abstract:
Virtual Reality adalah salah satu interaksi antara manusia dengan komputer yang membuat
penggunanya merasakan berada pada suatu lingkungan buatan yang berada pada
komputer. Banyak cara untuk dapat merasakan pengalaman Virtual Reality salah satunya
adalah dengan menggunakan Google Cardboard. Google Cardboard merupakan
gawai murah yang terbuat dari kardus untuk mengalami pengalaman Virtual Reality
pada perangkat smartphone Android atau IOS. Google Cardboard dapat memberikan
pengalaman Virtual Reality karena menggunakan sensor-sensor yang terdapat pada perangkat
smartphone.
Masukkan pada Google Cardboard sangatlah terbatas. Masukkan tersebut adalah
dengan menarik atau menekan tombol yang ada pada kacamata Google Cardboard dan
orientasi dari perangkat smartphone saja. Tombol pada Google Cardboard ini pun terkadang
tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi untuk mendeteksi
gerakan kepala, khususnya mengangguk dengan menggeleng.
Pengujian dilakukan dengan mencoba menjalankan aplikasi yang telah dibuat pada
beberapa perangkat dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Selain itu pengujian juga dilakukan
dengan mengajak beberapa orang untuk menggunakan aplikasi ini. Berdasarkan
hasil pengujian, aplikasi ini dapat berjalan dengan baik pada perangkat smartphone dengan
spesifikasi tertentu. Aplikasi ini juga sudah dapat membaca gerakan kepala yang
sesuai yang dilakukan oleh pengguna, tetapi terkadang simpangan yang di tetapkan
pada aplikasi ini tidak sesuai dengan kriteria masing-masing pengguna. Jadi pengguna
harus menyesuaikan gerakan kepalanya agar sesuai dengan batasan simpangan yang
telah ditetapkan pada aplikasi ini.