Pemetaan pariwisata di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.author Hariandja, Marihot Tua Effendi
dc.contributor.author Juliawati, Nia
dc.contributor.author Gunawan, Theresia
dc.contributor.author Putri, Fiona Ekaristi
dc.contributor.author Gunawan, Agus
dc.contributor.author Agustine, Maria Ivena
dc.contributor.author Tobing, Albert Mangapul Lumban
dc.date.accessioned 2017-11-10T03:01:20Z
dc.date.available 2017-11-10T03:01:20Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.other 142869
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3933
dc.description.abstract Pada masa sekarang ini maupun pada masa yang akan datang, kebutuhan akan berwisata akan terus meningkat. Peningkatan ini terjadi seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dunia, serta perkembangan penduduk yang semakin membutuhkan hiburan akibat dari semakin tingginya tingat stress dan kesibukan kerja. Secara umum,jumlah wisatawan akan meningkat karena di dorong oleh keinginan untuk melepaskan diri tekanan hidup sehari-hari di kota, keinginan untuk mengubah suasana dan memanfaatkan waktu senggang; kemajuan pembangunan dalam bidang komunikasi dan transportasi; keinginan untuk melihat dan memperoleh pengalaman-pengalaman baru mengenai masyarakat dan tempat lain; meningkatnya pendapatan yang dapat memungkinan seseorang dapat dengan bebas melakukan perjalanan yang jauh dari tempat tinggalnya. Peningkatan jumlah pariwisata ini merupakan peluang yang harus dimanfaatkan oleh pemerintah kota Bandung. Namun dari sekian banyaknya tempat wisata yang ada di kota Bandung, tidak semua tempat wisata memiliki rating pengunjung yang tinggi. Menurut Disbutpar, pengembangan sektor parwisata masih mengalami beberapa tantangan seperti: perubahan perilaku dan keinginan wisatawan yang sangat rentan dengan trend masa kini, pencitraan tempat pariwisata yang dapat memberikan keunikan dan kapasitas serta kualitas produk wisata. Ada tempat wisata yang sangat diminati, namun ada juga tempat wisata yang mati suri. Menjadi tantangan bagi kota Bandung bagaimana mcningkatkan wisatawan untuk tempa-tempat wisata yang kurang diminati? Sebelum kita dapat menawarkan strategi yang tepat sasaran, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah pemetaan wisatawan dan tempat wisata. Kita perlu melihat faktor apa yang menjadi ekspektasi konsumen akan sebuah tempat wisata. Karena itu dalam penelitian ini akan mencoba memetakan karakteristik dan jenis pariwisata di kota Bandung serta faktor-faktor apa yang menjadi ekspektasi konsumen akan tempat pariwisata yang memiliki karakteristik yang berbeda (seperti: kuliner, alam, dan budaya) serta karakteristik dan tipe wisatawan kota Bandung. Sejauh pengetahuan peneliti, studi ini belum pernah dilakukan sebelumnya. Karena itu penelitian ini akan memberikan nilai tambah bagi dunia akademisi dan praktisi. en_US
dc.publisher Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAR en_US
dc.subject PARIWISATA - BANDUNG en_US
dc.title Pemetaan pariwisata di Kota Bandung en_US
dc.type Research Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account