Pengaruh persepsi mahasiswa dan alumni sebagai "opinion leader" pada kualitas pelayanan terhadap niat mereferensikan program D3 Manajemen UNPAR

Show simple item record

dc.contributor.author Wardhono, V.J. Wisnu
dc.contributor.author Nuraida, Ida
dc.date.accessioned 2017-10-24T07:35:20Z
dc.date.available 2017-10-24T07:35:20Z
dc.date.issued 2010
dc.identifier.other 142816
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/3689
dc.description.abstract Berdasarkan hasil survey, secara umum alasan mahasiswa masuk Unpar adalah berdasarkan pengaruh dan informasi yang positif dari opinion leader, terutama dari alumni, yang pernah merasakan jasa pelayanan di D3 Manajemen Unpar. Hal ini juga berlaku untuk program D3 Manajemen Unpar yang didirikan pada tahun 1995. Sejak kepindahan lokasi kampus dari Jl. Pasteur ke Jl. Ciumbuleuit 94 Bandung pada tahun 2000 serta ditutupnya kelas karyawan, D3 Manajemen Unpar mengalami penurunan jumlah mahasiswa. Penulis ingin mengetahui bagaimana persepsi opinion leader, terutama mahasiswa dan alumni, terhadap kualitas pelayanan (tangibility, emphaty, reliability, assurance, responsiveness atau disingkat TERAR) di D3 Manajemen Unpar, dan sejauhmana kepuasan atas kualitas layanan/TERAR tersebut mempengaruhi niat mereka untuk mereferensikan D3 Manajemen Unpar. Hal ini sangat berguna bagi D3 Manajemen Unpar sebagai umpan balik terhadap kualitas pelayanan dari sudut pandang mahasiswa dan alumni yang sedang dan pernah merasakan produk jasa di D3 Manajemen Unpar. Mereka akan melakukan perbandingan antara harapan dan persepsi mereka terhadap produk. Jika kualitas pelayanan yang digunakan sesuai atau bahkan melebihi harapan mereka (selain kualitas produk dan pengorbanan yang dikeluarkan mahasiswa dan alumni), maka hal ini akan mempengaruhi persepsi nilai mahasiswa dan alumni terhadap timbulnya minat mereferensikan yang positif mengenai D3 Manajemen Unpar kepada teman-teman, kolega, keluarga dan orang-orang dalam lingkungan pergaulan mereka. Juga sebaliknya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah mahasiswa yang masuk ke D3 Manajemen Unpar. en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject KUALITAS PELAYANAN en_US
dc.title Pengaruh persepsi mahasiswa dan alumni sebagai "opinion leader" pada kualitas pelayanan terhadap niat mereferensikan program D3 Manajemen UNPAR en_US
dc.type Research Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account