Abstract:
Berdasarkan hasil survey, secara umum alasan mahasiswa masuk Unpar adalah berdasarkan
pengaruh dan informasi yang positif dari opinion leader, terutama dari alumni, yang pernah
merasakan jasa pelayanan di D3 Manajemen Unpar. Hal ini juga berlaku untuk program D3
Manajemen Unpar yang didirikan pada tahun 1995. Sejak kepindahan lokasi kampus dari Jl.
Pasteur ke Jl. Ciumbuleuit 94 Bandung pada tahun 2000 serta ditutupnya kelas karyawan, D3
Manajemen Unpar mengalami penurunan jumlah mahasiswa. Penulis ingin mengetahui
bagaimana persepsi opinion leader, terutama mahasiswa dan alumni, terhadap kualitas
pelayanan (tangibility, emphaty, reliability, assurance, responsiveness atau disingkat TERAR)
di D3 Manajemen Unpar, dan sejauhmana kepuasan atas kualitas layanan/TERAR tersebut
mempengaruhi niat mereka untuk mereferensikan D3 Manajemen Unpar. Hal ini sangat
berguna bagi D3 Manajemen Unpar sebagai umpan balik terhadap kualitas pelayanan dari sudut
pandang mahasiswa dan alumni yang sedang dan pernah merasakan produk jasa di D3
Manajemen Unpar. Mereka akan melakukan perbandingan antara harapan dan persepsi mereka
terhadap produk. Jika kualitas pelayanan yang digunakan sesuai atau bahkan melebihi harapan
mereka (selain kualitas produk dan pengorbanan yang dikeluarkan mahasiswa dan alumni),
maka hal ini akan mempengaruhi persepsi nilai mahasiswa dan alumni terhadap timbulnya
minat mereferensikan yang positif mengenai D3 Manajemen Unpar kepada teman-teman,
kolega, keluarga dan orang-orang dalam lingkungan pergaulan mereka. Juga sebaliknya. Dalam
jangka panjang, hal ini dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah mahasiswa
yang masuk ke D3 Manajemen Unpar.