Abstract:
Seiring berjalannya waktu, perkembangan perusahaan masa kini menjadi cepat. Banyak tantangan yang harus dihadapi perusahaan. Tantangan tersebut bisa berasal dari dalam maupun luar. Tantangan dari dalam perusahaan yang tidak dapat dihindari salah satunya adalah fraud. Oleh karena itu perusahaan memerlukan pengedalian internal yang baik untuk mencegah risiko kecurangan tersebut pada siklus pembelian dan penjualan di Wood Hotel.
Fraud merupakan tindakan yang dilakukan secara sengaja oleh seseorang untuk menghasilkan keuntungan pribadi. Fraud dibagi menjadi dua jenis yaitu manipulasi laporan keuangan dan penyalahgunaan aktiva. Terdapat tiga kondisi yang menyebabkan fraud seperti tekanan, kesempatan dan rasionalisasi. Oleh karena itu dibutuhkan pengendalian internal untuk mencegah terjadinya fraud. Pengendalian internal adalah proses yang dirancang dan diimplementasikan oleh dewan direksi, manajemen dan orang yang berada dibawah direksi untuk memberikan kepastian yang layak (reasonable assurance) mengenai tujuan pengendalian yang ingin dicapai oleh perusahaan. Komponen pengendalian internal meliputi lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi dan pengawasan.
Objek penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah pelaksanaan fraud risk assessment pada siklus pembelian dan pembayaran. Wood Hotel ialah sebuah hotel yang berada dilokasi strategis dikota Bandung yang baru berdiri pada bulan April 2016. Pokok permasalahan yang menjadi pembahasan dalam skripsi ini ialah fraud risk factor yang signifikan yang didapat melalui prosedur fraud risk assessment dan penilaian pengendalian perusahaan.
Metode yang digunakan oleh peneliti ialah deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan oleh penulis dengan melakukan penelitian lapangan dan studi kepustakaan melalui buku dan dokumen. Dari hasil penelitian didapatkan fraud risk assessment pada Wood Hotel yaitu tidak adanya divisi receiving, perusahaan tidak memberlakuan rotasi pekerjaan dan pencatatan yang masih dilakukan secara manual. Berdasarkan penelitian, pengendalian internal yang dimiliki Wood Hotel bila diperbaiki sesuai dengan beberapa saran berikut ini akan menjadi memadai. Adapun saran sebagai berikut dibentuk divisi receiving untuk mengawasi divisi purchasing dalam melakukan pencocokan barang, divisi accounting ditugaskan untuk melakukan pembayaran agar lebih tepat karena divisi ini yang berhubungan langsung dengan supplier dan dilakukan rotasi pekerjaan dalam satu divisi.