Abstract:
Secara umum penjualan surat kabar mengalami penurunan karena adanya perubahan pola baca masyarakat dari media cetak ke media online. Seiring dengan perkembangan teknologi, Pikiran Rakyat meluncurkan media online, berupa situs berita yang dinamakan dengan Pikiran Rakyat Online. Namun, sejauh ini masih banyak penduduk di Kota Bandung yang belum mengakses atau bahkan belum mengetahui bahwa Pikiran Rakyat sudah memiliki situs berita tersendiri. Alangkah baiknya apabila banyak yang mengakses Pikiran Rakyat Online mengingat sekarang ini sudah memasuki era digital, sehingga Pikiran Rakyat dapat tetap melekat di hati para pembaca. Pikiran Rakyat Online perlu untuk mengetahui tingkat brand awareness yang dimilikinya saat ini agar perusahaan dapat mengetahui bagaimana posisinya pada sasaran pasar di Kota Bandung.
Audit manajemen dilakukan terhadap Pikiran Rakyat Online melalui lima tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap penyusunan program kerja, tahap pelaksanaan program kerja, tahap pengembangan hasil temuan dan rekomendasi, lalu tahap pelaporan. Brand awareness merupakan salah satu faktor penting yang dibutuhkan oleh Pikiran Rakyat Online mengingat masih sedikit yang mengetahui bahwa perusahaan surat kabar tersebut sudah memiliki situs berita tersendiri. Untuk memiliki pelanggan yang loyal terhadap suatu merek perlu memiliki brand awareness yang tinggi terhadap merek tersebut. Secara umum, semakin banyak pengalaman konsumen dengan merek tertentu, maka semakin besar kemungkinan merek tersebut diingat oleh konsumen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Metode tersebut dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang menggambarkan karakteristik dari manusia, peristiwa, atau situasi tertentu. Melalui metode ini akan diperoleh gambaran yang cukup jelas mengenai objek yang diteliti dan akan membantu menjawab rumusan masalah dalam penelitian. Data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan studi kepustakaan dan studi lapangan yang berupa wawancara dan pembagian kuesioner. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisa kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat brand awareness dari situs berita Pikiran Rakyat Online pada sasaran pasar di Kota Bandung berada pada tingkat yang rendah. Demi tercapainya posisi brand awareness yang lebih baik lagi di masa yang akan datang, Pikiran Rakyat Online perlu merevisi posisi yang dimilikinya saat ini. Upaya yang dapat dilakukan untuk meraih posisi brand awareness yang lebih baik lagi adalah dengan melakukan kegiatan promosi. Kegiatan promosi yang dilakukan untuk Pikiran Rakyat Online sebaiknya dilaksanakan secara rutin dan dievaluasi dengan jangka waktu evaluasi yang tidak terlalu jauh. Selain itu, perusahaan juga dapat mempertimbangkan untuk membuat official account pada aplikasi line dan membuat aplikasi Pikiran Rakyat Online untuk telepon genggam. Perusahaan juga perlu menetapkan target untuk masa yang akan datang agar lebih termotivasi dalam mencapai tujuan perusahaan.