Abstract:
Kota Bandung terkenal sebagai kota kuliner. Hal ini dapat menjadi pemicu bagi terbukanya peluang bisnis baru di industri kuliner. Saat ini, bisnis yang sedang marak digemari di kota Bandung adalah bisnis kafe. Seiring dengan perubahan gaya hidup manusia modern, kafe saat ini telah menjadi tempat untuk menikmati makanan yang memberikan suasana serta jasa pelayanan yang memuaskan. Namun keberadaan sebuah kafe tidak dapat lepas dari kehadiran konsumennya, oleh karena itu pemasaran yang baik diperlukan agar sebuah kafe dapat dikenal oleh konsumennya. Bauran pemasaran yang ada perlu dimanfaatkan sebaik mungkin agar sebuah kafe dapat dikenal oleh konsumen.
Pemeriksaan operasional adalah suatu pemeriksaan terhadap kegiatan operasi suatu perusahaan, termasuk kebijakan akuntansi dan kebijakan operasional yang telah ditentukan oleh manajemen unuk mengetahui apakah kegiatan operasi tersebut sudah dilakukan secara efektif, efisien, dan ekonomis. Tujuan pemeriksaan operasional adalah untuk mengevaluasi dan memastikan bahwa aktivitas operasi telah berjalan secara efektif, efisien, dan ekonomis. Pemasaran adalah salah satu fungsi penting dalam perusahaan yang berguna untuk memberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Bauran pemasaran adalah alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mendapat respon dari target pasar yang diinginkan.
Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian descriptive study. Metode penelitian descriptive study adalah metode yang digunakan untuk memahami karakteristik dari kafe, menyelidiki dan melakukan penelitian yang lebih lanjut, dan membantu membuat rekomendasi. Dalam melakukan penelitian, peneliti mengumpulkan data dari data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui studi lapangan dan studi literartur. Data tersebut diolah menggunakan teknik analisa kualitatif dan analisa kuantitatif sehingga dapat diidentifikasi kelemahan-kelemahan dari aktivitas operasi kafe. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Sweet Home Café & Resto. Sweet Home Café & Resto adalah kafe yang menjual berbagai macam makanan mulai dari makanan ringan sampai makanan berat dan berbagai macam kue serta minuman.
Dari hasil penelitian pada Sweet Home Café & Resto diketahui bahwa kafe ini tidak mencapai target penjualan bulanan dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini disebabkan keberadaan kafe yang belum terlalu dikenal di Kota Bandung yang menjadi target pasar kafe ini. Selain itu kegiatan promosi yang dilakukan oleh kafe belum berjalan dengan efektif dan efisien, hal ini disebabkan tidak adanya bagian khusus promosi pada kafe ini sehingga kegiatan promosi yang dilakukan tidak dievaluasi keberhasilannya dan seringkali promosi yang sama diulangi dengan hasil yang tidak terlalu baik. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa Sweet Home Café & Resto juga tidak memiliki menu yang benar-benar khas dan menjadi image ini sehingga pelanggan seringkali beralih ke kafe lain untuk mencari menu serupa. Lahan parkir Sweet Home Café & Resto juga terhitung sempit karena letaknya yang harus berbagi dengan Toserba Borma dan Pujasera yang letaknya bersebelahan dengan kafe. Rekomendasi yang diberikan antara lain kafe membuat bagian khusus promosi yang bertanggung jawab khusus pada kegiatan promosi dan mengevaluasi kegiatan promosi yang dilakukan, membuat menu khas dari kafe ini yang tidak dapat ditemui di tempat lain agar konsumen terus datang untuk mencari menu tersebut, dan mengatur pembagian tempat parkir agar konsumen kafe tidak berebut tempat parkir dengan konsumen Toserba Borma dan Pujasera. Manfaat pemeriksaan operasional pada Sweet Home Café & Resto yaitu mengetahui penyebab sepinya kafe ini serta mengevaluasi bauran pemasaran yang telah dijalankan apakah bauran pemasaran tersebut telah berjalan efektif dan efisien.