Abstract:
Penelitian ini berupa kajian pustaka dengan obyek penelitian adalah kemampuan
berpikir intuitif dalam aktivitas pembelajaran matematika. Studi literatur
difokuskan pada: (i). menggali pemahaman matematikawan mengenai keterlibatan
intuisi dalam proses bermatematika; (ii). menggali lebih dalam pemahaman
mengenai intuisi; (iii). keterkaitan intuisi dengan pembelajaran matematika.
Sehingga dihasilkan profil berpikir intuitif yang akan memberikan gambaran yang
cukup lengkap mengenai bagaimana keterlibatan intuisi dan peranannya dalam
pembelajaran matematika. Profil ini akan menjadi landasan atau modal bagi
penelitian lanjutan mengenai perkembangan kemampuan berpikir intuitif dalam
mempelajari matematika. Berdasarkan hasil kajian literatur, cukup banyak
matematikawan berpendapat dan mengakui pentingnya intuisi dalam kegiatan
bermatematika, namun intuisi belum banyak menyentuh ranah pembelajaran
matematika. Sehingga melalui kajian pustaka ini dapat diketahui masalah-masalah
yang dapat dielaborasi menjadi topik-topik penelitian intuisi dalam pembelajaran
matematika.