Abstract:
Distributor makanan ringan kaleng dan kemasan UD. Sari Manis mengalami 3 tantangan utama yang berkaitan dengan manajemen pembelian, manajemen persediaan dan manajemen pengelolaan hubungan dengan pelanggan. Ketiga tantangan ini juga menyebabkan beban operasional UD. Sari Manis meningkat sehingga semakin sulit bagi UD. Sari Manis untuk bersaing dengan pesaingnya. Ketiga tantangan ini bisa diminimalisir apabila UD. Sari Manis mampu untuk meramalkan pemesanan pembelian yang optimal, mengatur pengalokasian barang dengan baik dan mengelola hubungan baik dengan pelanggan. Akan tetapi, hal ini tidak mungkin untuk dilakukan sendiri oleh owner-manager UD. Sari Manis. Oleh sebab itu, owner-manager UD. Sari Manis membutuhkan bantuan sistem komputer berbasis sistem informasi yang mampu membantu perusahaan menangani manajemen pembelian, manajemen persediaan dan manajemen pengelolaan hubungan dengan pelanggan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan in-depth interview kepada pemilik UD. Sari Manis, pegawai UD. Sari Manis dan pelanggan UD. Sari Manis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem PICR Management dapat digunakan oleh UD. Sari Manis untuk membantu perusahaan mengatur pembelian, persediaan dan mengelola hubungan dengan pelanggan. Akan tetapi, ada beberapa perubahan yang harus dilakukan UD. Sari Manis agar sistem PICR Management dapat berjalan optimal.