Abstract:
PT. X merupakan distributor penjual furniture yang terbuat dari plastik, aluminium, serta besi. Laju pertumbuhan PDB untuk lapangan usaha PT. X menunjukkan bahwa pada tahun 2015 daya beli masyarakat untuk lapangan usaha tersebut melemah. Hal tersebut berdampak pada penjualan PT. X pada tahun 2015 yang menurun secara signifikan. Padahal pertumbuhan ekonomi wilayah pemasaran PT. X cenderung stabil dengan tingkat pertumbuhan ekonomi rata-rata berkisar antara 4,1% - 8,5%. Selain itu, meskipun PT. X sudah berdiri selama 26 tahun dan merupakan distributor tunggal untuk 3 merek furniture yang terkenal, hal tersebut tidak membuat PT. X dapat memasarkan produk dengan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi pemasaran yang sudah dijalankan oleh PT. X (segmenting, targeting, positioning, marketing mix) serta menganalisis lingkungan internal dan eksternal PT. X (menggunakan analisis internal perusahaan, PESTLE Analysis, dan Porter’s Five-Forces Model) untuk mendapatkan rekomendasi strategi pemasaran yang sesuai dengan kondisi PT. X agar dapat meningkatkan penjualan PT. X. Rekomendasi strategi didapatkan dari hasil analisis The Competitive Profile Matrix (CPM) yang menghasilkan 8 alternatif strategi dan The Strength-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT) Matrix yang menghasilkan 22 strategi, dimana alternatif-alternatif strategi tersebut dianalisis dan didapatkan 4 strategi yang diprioritas untuk diterapkan di PT. X.