Rancangan pengukuran kinerja perguruan tinggi menggunakan metode balanced scorecard di Universitas Katolik Parahyangan Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Talim, M. Banowati
dc.contributor.author Yasunari, Oscar
dc.date.accessioned 2017-07-14T04:21:55Z
dc.date.available 2017-07-14T04:21:55Z
dc.date.issued 2005
dc.identifier.other tes1032
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/2572
dc.description.abstract Dewasa ini banyak organisasi yang berlomba-lomba meningkatkan kualitasnya dengan berbagai cara untuk maju bersama dalam perkembangan situasi dunia yang ada Peningkatan kualitas tersebut disebabkan karena situasi dunia yang semakin dipenuhi oleh persaingan yang semakin ketat. Demikian halnya dengan Organisasi Perguruan Tinggi di Indonesia saat ini dan masa yang akan datang tentunya juga akan menghadapi persaingan yang amat ketat. Persaingan ini dapat berasal dari perguruan tinggi negeri maupun swasta baik dari dalam maupun luar negeri. Untuk menghadapi persaingan tersebut maka tentunya diperlukan suatu metode yang lebih bisa diandalkan secara kompetitif. Universitas Katolik Parahyangan Bandung sebagai penyedia jasa pendidikan tinggi tentunya akan lebih baik jika mempunyai suatu alternatif pengukuran kinerja, yang dapat diandalkan. Dalam hal ini, pengukuran kinerja Universitas Katolik Parahyangan dengan metode Balance Scorecard dapat dipakai sebagai alternatif. Rancangan Pengukuran Kinerja Perguruan Tinggi ini menggunakan Metode Balance Scorecard di Universitas Katolik Parahyangan Bandung, pada dasarnya dibuat untuk mengantisipasi persaingan yang ada antar perguruan tinggi, dalam situasi persaingan yang ada saat ini. Rancangan tersebut berusaha menterjemahkan visi, misi, strategi, tolak ukur , target dan inisiatif yang harus dilakukan dalam keempat perspektif serta kerangka keterkaitan dalam Balanced Scorecard. Balance Scorecard sebagai sistem manajemen strategik dan kerangka pengukuran kinerja di Universitas Katolik Parahyangan Bandung akan dapat menjawab berbagai permasalahan jasa pendidikan dengan empat perspektif yang ada dalam Balance Scorecard yaitu: Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, serta Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan, sehingga dari keempat perspektif terse hut dapat menumbubkan, kinerja keuangan yang semakin baik, kepuasan stakeholder (mahasiswa dan pengguna lulusan) perbaikan dan inovasi jasa pendidikan serta komitmen internal Universitas Katolik Parahyangan Bandung yang pada akhirilya akan dapat mewujudkan visi dan misi Universitas Katolik Parahyangan Bandung dimasa mendatang. Selain itu dengan menggunakan Metode Balance Scorecard, melalui peta hubungan sebab akibat, manajemen dan karyawan dapat menempatkan diri pada posisi saling mengkontrol terhadap langkah-langkah yang akan diambil dalam menuju masa depan. Namun sebelum masuk pada peta hubungan sebab akibat, akan dijabarkan terlebih dahulu visi, misi, analisa SWOT, lalu masuk ke dalam rencana stratejik, yang didalamnya terdapat Strategik Objektif (dengan berbagai ukuran hasil dan ukuran pemacu kinerja), Target dan Strategi inisiatif, dan kemudian masuk ke dalam peta hubungan sebab akibat. Balanced scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja Universitas Katolik Parahyangan, tentunya dapat menjawab berbagai kebutuhan yang ada dalam menciptakan suatu peningkatan kinerja pada empat perspektif dalam Balanced scorecard. Namun tentu saja hal itu harus didukung oleh pihak universitas berupa keterlibatannya dalam pengembangan sistem manajemen strategik. Dari hal itu maka kerangka pengukuran kinerja dengan mengunakan Metode Balanced scorecard akan dapat menumbuhkan komitmen yang nyata dari setiap level manajemen pada universitas dalam mewujudkannya, sehingga dapat mewujudkan visi perusahaan dimasa mendatang. en_US
dc.publisher Program Studi Magister Manajemen Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject BALANCED SCORECARD en_US
dc.title Rancangan pengukuran kinerja perguruan tinggi menggunakan metode balanced scorecard di Universitas Katolik Parahyangan Bandung en_US
dc.type Master Theses en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account