Abstract:
Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah tax ratio yang masih rendah diduga karena belum
terpenuhinya kepuasan wajib pajak, sosialisasi peraturan perpajakan belum optimal, penyimpangan fungsi
pelayanan account representative dan penyimpangan pemeriksaan PPN LB restitusi. Peneliti tertarik melakukan penelitian tentang “Pengaruh Sosialisasi Peraturan Perpajakan, Pelayanan Account Representative, dan Pemeriksaan PPN LB Restitusi Setelah Modernisasi Terhadap Kepuasan Wajib Pajak”. Penelitian bertujuan untuk menguji apakah ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap kepuasan wajib pajak baik secara parsial maupun simultan. Analisis data menggunakan analisis deskripsi dan analisis regresi berganda dengan bantuan software IBM SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara parsial sosialisasi peraturan perpajakan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak, lain halnya dengan pelayanan account representative dan pemeriksaan PPN LB restitusi, (2) secara simultan sosialisasi peraturan perpajakan, pelayanan account representative dan pemeriksaan PPN LB restitusi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak.