Abstract:
Pendidikan sudah menjadi kebutuhan dasar manusia yang berperan dalam
membentuk manusia yang bermartabat. Pendidikan dibagi ke dalam beberapa
jenjang yaitu dasar, menengah, dan tinggi. Walaupun Indonesia masih
memfokuskan pada pemenuhan pendidikan dasar sampai menengah, tidak
berarti pendidikan tinggi diabaikan. Ada ratusan perguruan tinggi di Indonesai
baik negeri maupun swasta yang mengemban tugas mulia sebagai ujung tombak
dalam menghasilkan manusia yang berkualitas. Untuk menghasilkan manusia
yang berkualitas dibutuhkan institusi pendidikan yang berkualitas pula. Perbaikan
yang berkesinambungan menjadi suatu keharusan bagi institusi pendidikan agar
dapat menjadi institusi pendidikan yang berkualitas. Salah satu elemen kunci
dalam perbaikan adalah pengukuran mutu yang didalamnya melibatkan
instrumen pengukuran. Dalam penelitian ini akan dikembangkan instrumen
pengukuran mutu jasa yang dapat digunakan untuk mengukur mutu jasa
pendidikan tinggi dengan memperhatikan konteks dan budaya Indonesia.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 12 faktor yang digunakan dalam
mengukur mutu layanan pendidikan tinggi di TI-Unpar yaitu: Tata Usaha,
Asisten, Perhatian Personal, Dosen, Fasilitas Perkuliahan, Fasilitas Pendukung,
Lokasi, Pendaftaran Kuliah, Perkuliahan, Materi, Perpustakaan, dan
Kenyamanan Gedung.