Peranan target costing untuk mencapai tingkat laba yang diharapkan pada Perusahaan FD

Show simple item record

dc.contributor.advisor Suryaputra, Verawati
dc.contributor.author Ricky, Vincentius
dc.date.accessioned 2017-06-20T07:26:47Z
dc.date.available 2017-06-20T07:26:47Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34249
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/2427
dc.description 22566 - FE en_US
dc.description.abstract Adanya krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 mengakibatkan perekonomian Indonesia terpuruk karena semakin melemahnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, khususnya terhadap dollar Amerika Serikat. Dengan perekonomian Indonesia yang memburuk tersebut banyak perusahaan di Indonesia yang mengalami kebangkrutan. Namun dengan adanya perbaikan perekonomian Indonesia serta majunya ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini membuka peluang bagi para pengusaha untuk mengembangkan usahanya. Persaingan dalam dunia usaha pun menjadi semakin ketat. Kondisi persaingan usaha di Indonesia yang ketat membuat banyak perusahaan yang tidak dapat bersaing harus mengakhiri operasinya. Cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk dapat terus bersaing adalah dengan berusaha menekan biaya produk agar harga jual yang ditetapkan tidak terlalu tinggi sehingga bisa menarik minat pelanggan dan bisa mendapatkan laba yang diinginkan. Aktivitas produksi yang dijalankan perusahaan juga harus seefisien mungkin. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan melakukan target costing. Untuk menghitung target cost, dibutuhkan target price yang diperoleh dari harga pasar dari produk atau harga yang mau dibayarkan oleh pelanggan potensial untuk produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Nilai ini dapat diperoleh dari survei pasar (market research) maupun dari wawancara dengan konsumen. Harga yang ditawarkan pesaing pada umumnya juga dapat menjadi harga pasar. Selain itu, untuk menghitung target cost dibutuhkan target profit yang diinginkan oleh perusahaan. Dasar penentuan target laba ini berbeda di setiap perusahaan. Target cost dapat diperoleh dengan mengurangkan target price dengan target profit. Angka yang diperoleh merupakan biaya produk yang seharusnya dikeluarkan oleh perusahaan. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis. Dalam mengumpulkan data, penulis melakukan wawancara dengan beberapa pihak dalam perusahaan dan melakukan observasi langsung ke perusahaan sehingga memperoleh dokumen pendukung relevan. Objek penelitian yang digunakan adalah industri kecil-menengah dalam bidang bordir, yaitu Perusahaan FD. Setelah memperoleh gambaran atas objek yang diteliti, selanjutnya dapat dilakukan penarikan kesimpulan dan pemberian saran yang berguna bagi perusahaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa Perusahaan FD belum menerapkan metode target costing. Perusahaan FD masih kurang tepat dalam mengklasifikasikan biaya yang ada di perusahaan dan juga dalam menghitung harga pokok produknya. Perusahaan FD hanya menghitung harga pokok produk berdasarkan biaya langsung, sedangkan biaya tidak langsung dibebankan ke produk tanpa melihat adanya hubungan sebab akibat sehingga produk yang dihasilkan dibebani biaya secara tidak tepat. Untuk itu, dilakukan reklasifikasi biaya dan perhitungan kembali untuk bordir mukena, bordir topi, dan bordir patch dengan menggunakan activity-based costing system. Harga pokok produk yang dihitung Perusahaan FD untuk bordir mukena, bordir topi, dan bordir patch undercosted jika dibandingkan dengan hasil perhitungan dengan activity-based costing. Bordir mukena, bordir topi, dan bordir patch belum berhasil mencapai target cost. Untuk itu diusulkan pengurangan biaya untuk menurunkan biaya produk dan meningkatkan efisiensi. Pengurangan biaya yang disarankan diantaranya adalah untuk biaya bahan benang dan kain bordir, biaya punching, aktivitas membordir, aktivitas packing, moving cost, inspection cost, waiting time, dan aktivitas pemotongan produk bordir. en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject target costing, harga pokok produk, activity-based costing en_US
dc.title Peranan target costing untuk mencapai tingkat laba yang diharapkan pada Perusahaan FD en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2011130183
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0402117701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account