Validasi hedperf dan penerapannya pada pengukuran mutu layanan di Teknik Industri UNPAR

Show simple item record

dc.contributor.author Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Nainggolan, Marihot
dc.date.accessioned 2017-06-15T07:03:51Z
dc.date.available 2017-06-15T07:03:51Z
dc.date.issued 2009
dc.identifier.citation Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNPAR en_US
dc.identifier.other lpdsc27
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/2366
dc.description.abstract Setiap institusi pendidikan dituntut untuk melakukan perbaikan mutu secara berkesinambungan. Isu-isu yang harus diperhatikan dalam perbaikan mutu meliputi faktor apa yang harus diperbaiki, cara mengukur mutu, identifikasi alternatif perbaikan, dan implementasi perbaikan. Pendidikan tinggi mempunyai seluruh karakteristik industri jasa yaitu intangible, heterogeneous, variability, perishable, dan customer participates. Pengukuran mutu di perguruan tinggi masih menjadi isu yang sulit dan sebagian besar evaluasi di perguruan tinggi masih berfokus pada aspek tangible. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan difokuskan pada pengukuran mutu pendidikan tinggi khususnya di Teknik Industri Unpar. Pengukuran mutu pendidikan yang akurat sangat penting untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik dari anteseden dan menjadi pedoman dalam melakukan perbaikan mutu. Pengukuran mutu layanan di TI-Unpar akan menggunakan instrumen HEdPERF. Meskipun HEdPERF mempunyai tingkat validitas yang baik, namun pengujiannya baru melibatkan institusi pendidikan di Malaysia sehingga tingkat generalisasinya belum teruji. Oleh karena itu, dalam penelitian ini sebelum HEdPERF digunakan untuk mengukur mutu layanan pengujian terhadap alat ukur tersebut akan diuji terlebih dahulu. Dari hasil analisis diperoleh bahwa HEdPERF dapat dibagi ke dalam 7 faktor yaitu non-akademik, akademik, reputasi institusi, perhatian, kemahasiswaan, fasilitas, dan lokasi. Tingkat reliabilitas masing-masing faktor memiliki nilai cronbach’s alpha di atas 0,7 yang menandakan HEdPERF mempunyai tingkat reliabilitas yang tinggi, serta tingkat validitas sebesar 0,69. Berdasarkan pengukuran tingkat mutu layanan TI-Unpar dengan HEdPERF diperoleh tingkat mutu layanan sebesar 150,70 di bawah nilai tengah sebesar 156 di mana nilai tersebut dapat diartikan tingkat mutu layanan TI-Unpar masih kurang baik. en_US
dc.relation.ispartofseries Research Report - Engineeing Science;Vol.1 2009
dc.subject MUTU PENDIDIKAN TINGGI en_US
dc.title Validasi hedperf dan penerapannya pada pengukuran mutu layanan di Teknik Industri UNPAR en_US
dc.type Research Reports en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account