Abstract:
Dalam penelitian ini, pertanyaan yang diajukan yaitu “Apa saja upaya yang dilakukan PT. Telin dalam melakukan ekspansi ke Hong Kong?”
Penelitian ini akan mendeskripsikan beberapa upaya yang dilakukan PT. Telin sebagai MNCs dalam melakukan ekspansi perusahaan ke wilayah Hong Kong melalui kondisi pasar, kebijakan wilayah Hong Kong serta prospek pasar Asia Timur melalui Hong Kong dari sudut pandang Telin. Teori globalisasi ekonomi digunakan sebagai landasan penelitian guna mengidentifikasi dampaknya pada kemunculan MNCs yang kini menjadi salah satu aktor penting selain negara itu sendiri. Strategi penetrasi pasar oleh Igor Ansoff tentang aktivitas pasar yang perlu dilakukan dalam ekspansi akan melengkapi penjelasan dalam penelitian. Begitu juga teori Dunning’s eclectic terkait tiga faktor perusahaan transnasional terkait penanaman modal asing akan melengkapi penjelasan penelitian.
Adapun keseluruhan isi penelitian menggunakan metode kualitatif karena dimulai dengan asumsi masalah, dan dalam prosesnya penulis membutuhkan asumsi filosofis yang kemudian kerangka kerjanya membutuhkan teori.
Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa ekspansi perusahaan yang dilakukan Telin ke Hong Kong berkaitan dengan peraturan wilayah penerima, kondisi pasar di Hong Kong, serta situasi persaingan di bidang telekomunikasi dan posisi Hong Kong dalam pasar ekonomi internasional. Penelitian ini juga turut membuktikan bahwa MNCs negara berkembang mampu bersaing di pasar ekonomi internasional.