Abstract:
Pada era globalisasi sekarang ini perusahaan menjadi actor penting dalam dinamika hubungan internasional. Munculnya pasar global menciptakan sebuah kompetisi yang ketat bagi perusahaan untuk terus bertahan dalam persaingan. Dalam kompetisi ini, perusahaan membutuhkan adanya strategi yang tepat untuk dapat memenangkan pasar sehingga perusahaan dapat terus bertahan ditengah ketatnya kompetisi global. Studi kasus yang akan diteliti adalah kerjasama sponsorship antara PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk – Liverpool FC. PT.
PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk adalah satu dari sekian banyak perusahaan milik negara yang melakukan kegiatan operasinya di Indonesia. PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk bergerak di industry transportasi udara. Di Indonesia sendiri, PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk telah melakukan kegiatan penerbangannya sejak tahun 1949.
Penelitian ini menggunakan teori-teori ilmu hubungan internasional, politik bisinis international, isu-isu global, marketing, dan sponsorship. Penulis menggunakan teori-teori ini dalam memaparkan strategi perusahaan yang dinilai efektif dalam menjangkau pasar global.
Hasil penelitian ini telah memberikan pemahaman mengenai strategi-strategi yang digunakan oleh perusahaan dalam menghadapi kompetisi global, dalam hal ini PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Dengan sponsorship ini, PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk memiliki kesempatan untuk meningkatkan brand awareness mereka di tingkat global serta memiliki citra baru dalam masyarakat global.