Abstract:
Ketika tanah dibebani perlahan, maka muncul tegangan pada eleman tanah. Tegangan ini berasal dari berat pada tanah itu sendiri dan tekanan air pori excess. Keduanya memiliki pengaruh signifikan terhadap tegangan total tanah tersebut. Pada umumnya,kondisi tanah lokasi proyek tidak memiliki tekanan air pori excess awal. Tetapi pada proyek pembangunan Bandara Samarinda Baru sudah terdapat tekanan air pori excess awal akibat adanya penimbunan sebelum proyek tersebut dimulai. Harus diperhatikan bukan hanya kondisi initial (awal)dan kondisi final (akhir), tetapi pergerakan antara kondisi tersebut. Apabila tegangan air pori excess yang timbul berlebihan atau sangat besar, dapat berpotensi mengancam stabilitas timbunan dan tanah di sekitarnya, terlebih dengan adanya tekanan air pori excess awal. Kestabilan lereng dianalsis dengan program PLAXIS dengan grafik stress path dan penurunan (settlement ) sebagai output. Pembebanan secara bertahap serta pemasangan PVD ( Prefabricated Vertical Drain ) untuk mengendalikan tekanan air pori excess dapat membuat stabilitas dan faktor keamanan meningkat. Selain itu, PVD berguna untuk mempercepat proses konsolidasi. Kondisi tanah lunak yang berbentuk mangkok juga dapat meningkatkan stabilitas timbunan.