Abstract:
Pondasi tiang pancang panjang memiliki tahanan selimut yang lebih dominan dapat disebut juga sebagai tiang gesekan. Maka dari itu, perlu dilakukan pengkajian daya dukung tiang pancang panjang berdasarkan hasil uji di lapangan yaitu uji pembebanan dinamik (PDA), khususnya proses transfer beban pada tanah mengingat gesekan selimut akan dominan. Penelitian bertujuan untuk memperoleh kepastian daya dukung tiang pancang panjang yang digunakan sebagai pondasi jalan. Analisis akan dilakukan dengan cara analitik dan numerik berupa program TZ dan program Mcoyle. Hasil analisis daya dukung aksial tiang pancang menggunakan metode konvensional diperoleh rentang daya dukung selimut tiang sebesar 354 ton hingga 538 ton, daya dukung ujung tiang adalah sebesar 66.4 ton. Dengan menggunakan bantuan program TZ dan Mcoyle didapatkan daya dukung selimut tiang berturut-turut sebesar 240.3 ton dan 304.4 ton, daya dukung ujung tiang sebesar 15.9 ton dan 56.3 ton, serta daya dukung ultimit tiang sebesar 355.6 ton dan 360.6 ton. Berdasarkan hasil uji PDA, daya dukung selimut sebesar 328.4 ton dengan daya dukung ujung tiang sebesar 100.6 ton. Hasil analisis menunjukkan daya dukung selimut yang lebih dominan daripada daya dukung ujung tiang, sehingga tiang lebih mengandalkan tahanan selimut daripada tahanan ujung tiang.