dc.description.abstract |
Setiap perusahaan pasti memiliki strategi dalam menjalankan usahanya agar
mencapai tujuan. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan, PT.
Pos Indonesia dapat mengevaluasi strategi yang dijalankan apakah sudah tepat
atau tidak. Oleh karena itu, diperlukan sebuah perencanaan strategi di mana
terdapat salah satu alat analisis, yaitu matriks SPACE untuk mengukur
keberadaan strategi layanan PT. Pos Indonesia saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi layanan dan menentukan
keberadaan strategi layanan pada saat ini, serta dapat memberikan rekomendasi
strategi yang tepat untuk dijalankan oleh PT. Pos Indonesia. Penelitian ini
menggunakan teori dari Rowe, Mason, dan Dickel, yaitu matriks SPACE yang
memiliki empat faktor, yakni (1) kekuatan keuangan, (2) keunggulan kompetitif,
(3) kekuatan industri, dan (4) stabilitas lingkungan. Dengan menggunakan alat
analisis matriks SPACE, perusahaan dapat mengetahui secara spesifik mengenai
kekuatan dan kelemahan dalam menjalankan strategi layanan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan
wawancara, penyebaran kuesioner, dan studi dokumen. Data penelitian akan
dianalisis menggunakan alat analisis yang ada kemudian mendeskripsikan hasil
dari penelitian. |
en_US |