Abstract:
Penelitian ini membahas pengembangan aplikasi permainan Shikaku pada perangkat bergerak
Android dengan pendekatan GDLC. Shikaku adalah permainan teka-teki yang mengharuskan
pengguna untuk membagi bidang papan menjadi beberapa wilayah persegi atau persegi panjang
sesuai dengan angka yang tertera di dalam beberapa sel. Teka-teki sejenis Shikaku dapat
melatih kemampuan berpikir logis, spasial, dan matematis, khususnya pada usia dini, karena
mengharuskan untuk memecahkan masalah dengan cara yang sistematis, kreatif, dan efisien.
Aplikasi permainan Shikaku yang sudah ada di Google Playstore memiliki beberapa kekurangan
yang teridentifikasi, yaitu tidak adanya fitur waktu, fitur bantuan solusi, kontrol yang kurang
responsif, dan tidak mendukung perangkat dengan versi Android 14. Kekurangan-kekurangan
tersebut dapat ditemukan pada aplikasi permainan seperti Fill Shikaku dari VOODOO, Shikaku
dari ProjectPuzzle, dan Shikaku dari Novellectual.
Shikaku adalah permainan teka-teki yang mengharuskan pengguna untuk membagi bidang
papan menjadi beberapa wilayah persegi atau persegi panjang sesuai dengan angka yang tertera
di dalam beberapa sel. Teka-teki sejenis Shikaku dapat melatih kemampuan berpikir logis, spasial,
dan matematis, khususnya pada usia dini, karena mengharuskan pengguna untuk memecahkan
masalah dengan cara yang sistematis, kreatif, dan efisien.
Penelitian terpublikasi terkait Shikaku masih sedikit dan berfokus pada aspek berbeda, seperti
teknik heuristic dan algoritma genetika atau Physically Zero-Knowledge Problem. Penelitian
ini berfokus mengembangkan aplikasi permainan Shikaku yang menggunakan pendekatan Game
Development Life Cycle (GDLC) pada perangkat Android. Metode GDLC mencakup tahapan
inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, beta dan rilis. Aplikasi ini dibangun menggunakan
bahasa pemrograman Java dan IDE Android Studio, serta menggunakan algoritma yang memanfaatkan
fungsi Bijection untuk memastikan akurasi dalam memeriksa jawaban teka-teki yang
diberikan oleh pengguna.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan berjalan dengan baik
dan memenuhi ekspektasi berbagai pengguna perangkat Android. Pengujian fungsionalitas
dan keakuratan algoritma menunjukkan hasil yang positif, di mana aplikasi mampu menangani
berbagai tingkat kesulitan dengan baik. Begitu juga dengan pengujian User Acceptance Test yang
memberikan hasil yang sesuai dengan ekspektasi pengguna. Dengan demikian, pengembangan
aplikasi permainan Shikaku ini berhasil mencapai tujuannya untuk mengatasi kekurangan yang
ada pada aplikasi sebelumnya dan menyediakan fitur-fitur yang lebih lengkap dan responsif.