Abstract:
Transfomasi digital yang terjadi di dunia bisnis tanpa terkecuali juga mempengaruhi industri kesehatan menimbulkan berbagai tantangan baru yang semakin dirasakan pada pandemi COVID-19, dimana kunjungan pasien ke rumah sakit menurun drastis oleh karena peraturan pemerintah untuk di rumah saja. RS Premier Jatinegara (RSPI) menghadapi tantangan ini dengan melakukan strategi pemasaran digital agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Penelitian ini menganalisis pengaruh konten Instagram terhadap niat berkunjung pasien di RSPJ. Metodologi penelitian menggunakan data kuantitatif dengan analisis deskriptif dan regresi linier. Hasil penelitian merunjukkan bahwa indikator trendiness merupakan faktor yang paling berpenganih terhadap niat berkunjung pasien. Indikator trendiness meliputi konten yang p-to-date, seperti informasi terbaru tentang layanan atau fasilitas kesehatan yang tersedia di RSPJ. Penelitian ini menyoroti pentingnya strategi pemasaran digital, khususnya konten yang trendi dan infomatif. untuk meningkatkan niat berkunjung pasien di industri kesehatan Saran untuk RSPJ adalah untuk tetap mengutamakan rendiness dalam konten Instagram dan bekerja sama dengan nufluencer di bidang kesehatan