Abstract:
Maicih merupakan brand keripik pedas rempah dari Indonesia yang berdiri tahun2010 dan mempunyai tujuan membawa cemilan pedas tradisional naik kelas. Inovasiproduk keripik pedas berlevel yang digagas Maicih semakin membuat camilan inimempunyai nilai unik di mata pasar. Komitmen Maicih untuk terus menggunakanbahan baku yang berkualitas dan mendukung kesejahteraan komunitas, sertapertumbuhan lingkungan kreatif yang berkelanjutan menjadi nilai-nilai yang akandipertahankan dan terus dikembangkan.Pada awal membangun, Maicih masih bisa memenuhi kebutuhan pasar. Namun, ditahun 2018 mulai mengalami kesulitan untuk pemenuhan barang karena mulaiterbukanya pasar global. Hal ini menyebabkan pasokan barang untuk pasar lokalmulai terganggu. Untuk menanggulangi permasalahan pasokan barang, Maicih mulaimelakukan kerjasama dengan pihak ketiga (vendor) untuk pemenuhan barang untukpasar lokal.Penelitian dilakukan untuk mencari proposisi terbaik yang bisa dilakukan olehMaicih dalam pengembangan sistem manajemen kontrol pada kegiatan operasionaldan pengeluaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif denganmenggunakan metode studi kasus.