Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan hubungan trialektikal antara ruang, kelas sosial, dan proses formulasi identitas. Metodologi penelitian ini adalah penelitian pustaka kualitatif multidisipliner yang menggunakan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan elemen dan komponen masing-masing ruang, kelas sosial, dan identitas, dengan menggunakan Foucault sebagai kerangka dasar ruang, konsepsi Habitus Bourdieu untuk kelas sosial, serta Luhmann dan Moeller untuk formulasi identitas pribadi. Diskusi dalam penelitian ini melibatkan elaborasi teori masing-masing, hubungannya satu sama lain dalam konteks formulasi identitas, dan analisis studi kasus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa, melalui perspektif Foucault dan Bourdieu, ruang dan kelas sosial dapat dilihat sebagai memiliki identifikasi profiliknya sendiri, yang mana di dalamnya terdapat komponen aksiologis-ontologis yang berfungsi sebagai prasyarat masuk. Aspek tersebut kemudian menjadi pertimbangan dasar akan observasi dua tingkat Luhmann dapat dilakukan, yang menghasilkan identitas profilik tertentu yang terkait dengan kelas profilik tertentu yang juga terkait dengan ruang profilik tertentu.