Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital bagi pekerja Generasi Z yang setidaknya lulus SMA terhadap knowledge sharing intention di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran kuantitatif dan kualitatif dengan studi korelasional. Variabel independen dalam penelitian ini adalah literasi digital, sedangkan variabel dependen adalah knowledge sharing intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap knowledge sharing intention bagi pekerja Generasi Z yang setidaknya lulus SMA di Indonesia. Setiap peningkatan satu unit literasi digital akan meningkatkan knowledge sharing intention sebesar 0,301. Literasi digital berkontribusi sebesar 27,2% terhadap knowledge sharing intention, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Literasi digital dipandang sangat penting di tempat kerja karena banyak aktivitas organisasi yang telah menggunakan teknologi digital. Kolaborasi digital dapat meningkatkan keterampilan digital para pekerja. Untuk meningkatkan literasi digital, disarankan agar perusahaan memberikan pelatihan penggunaan teknologi yang dibutuhkan, baik secara internal maupun menggunakan platform e-learning. Selain itu, pekerja juga perlu inisiatif untuk meningkatkan keterampilan digitalnya secara mandiri melalui platform profesional seperti LinkedIn.
Dengan literasi digital yang kuat, pekerja Generasi Z dapat berkontribusi lebih baik dalam berbagi pengetahuan dalam perusahaan di era digital.