dc.description.abstract |
Perkembangan teknologi dan internet yang pesat telah mendorong
perusahaan untuk melakukan digitalisasi, khususnya dalam bidang pemasaran. Media sosial,terutama Instagram, kini menjadi platform populer untuk aktivitas pemasaran. Pada awal tahun 2024, Instagram menjadi media sosial kedua yang paling banyak digunakan di Indonesia setelah WhatsApp, didukung oleh fitur-fitur yang memudahkan komunikasi perusahaan dengan konsumen melalui konten foto dan video. Sektor kuliner, dengan lebih dari 11.223 usaha di Indonesia pada tahun 2020, merupakan salah satu yang banyak memanfaatkan Instagram untuk promosi, sehingga terjadi persaingan dalam memberikan konten pemasaran yang menarik untuk konsumen. Ureshii Mentai merupakan sebuah UMKM di Kota Bandung yang menggunakan Instagram untuk menarik minat konsumen melalui konten pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemasaran konten Instagram terhadap minat beli konsumen Ureshii Mentai. Jenis penilitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada sampel penelitian sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemasaran Konten memberikan pengaruh positif dan signifikan sebesar 80,1% terhadap Minat Beli, sedangkan sisanya 19,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, Ureshii Mentai dapat dapat lebih fokus pada strategi pemasaran konten yang berfokus pada dimensi Reader Coginition, Sharing Motivation, dan Life Factors. |
en_US |