Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kualitas pelayanan publik berbasis E Government pada aplikasi Mobile JKN di Kota Bandung. Teori yang digunakan yaitu E Government Quality (E-GovQual) dari Papadomichelaki dan Mentzas (2012) yang melihat kualitas pelayanan E-Government dari empat dimensi yaitu (1). Reliability, (2). Efficiency, (3). Trust, (4). Citizen Support. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survey. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang melibatkan 105 responden pengguna aplikasi Mobile JKN. Data yang dikumpulkan data ordinal dan pengolahan data dilakukan secara statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik pada aplikasi Mobile JKN berada dalam kategori tinggi dilihat dari keempat dimensi penelitian. Hasil penelitian pada setiap dimensi pun didapatkan dalam kategori tinggi. Dimensi Reliability berada pada kategori tinggi. Dapat diartikan bahwa aplikasi Mobile JKN dapat diandalkan. Dimensi Efficiency berada dalam kategori tinggi, yang dapat diartikan bahwa pelayanan aplikasi Mobile JKN sudah efisien. Dimensi Trust berada dalam kategori tinggi, sehingga dapat diartikan bahwa aplikasi Mobile JKN dapat memberikan rasa kepercayaan masyarakat lewat keamanan data aplikasi yang baik. Dimensi Citizen Support berada dalam kategori tinggi yang berarti aplikasi Mobile JKN baik dalam menyelesaikan masalah pelayanan. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pada aplikasi Mobile JKN berkualitas tinggi.