Pengaruh kinerja organisasi terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Barat

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yuwono, Gina Ningsih
dc.contributor.author Susanti, Nanda Shelly
dc.date.accessioned 2024-11-13T09:04:59Z
dc.date.available 2024-11-13T09:04:59Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46683
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19465
dc.description 10606 - FISIP en_US
dc.description.abstract Dengan adanya temuan masalah selama melakukan observasi ke lapangan, maka penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja organisasi terhadap kepuasan masyarakat di Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat. Teori yang digunakan sebagai landasan untuk melakukan penelitian yakni menggunakan teori kinerja organisasi dan kepuasan masyarakat. Adapun dimensi dari teori kinerja yang dijadikan acuan mencakup produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, serta akuntabilitas. Sedangkan dimensi dari teori kepuasan masyarakat yang dijadikan acuan mencakup persyaratan, prosedur, waktu, biaya, produk spesifikasi, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, sarana prasarana, serta penanganan pengaduan saran dan masukan. Metode penelitian yang dipilih yakni menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan lembar kuesioner dan form online sebagai instrumen utama pengumpulan data, serta wawancara singkat dengan masyarakat sebagai sasaran dalam penelitian. Sampel dalam penelitian ini merupakan masyarakat yang telah mendapatkan pelayanan di Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier sederhana untuk menguji pengaruh dari variabel kinerja organisasi terhadap kepuasan masyarakat. Yang mana, ditemukan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kinerja organisasi memiliki nilai yang tinggi berdasarkan jawaban dari responden serta berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat. Sehingga diperoleh nilai tingkat kepuasan masyarakat yang tinggi. Beberapa faktor yang menentukan tingkat kepuasan masyarakat terkait kinerja organisasi Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat, diantaranya yaitu kemudahan dalam mengakses pelayanan, kejelasan prosedur pelayanan, kesesuaian produk hasil pelayanan, serta tidak adanya tuntutan biaya untuk mendapatkan pelayanan, atau pelayanan diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat. Penelitian berkontribusi penting dalam menambah pemahaman tentang seberapa berpengaruh kinerja organisasi terhadap kepuasan masyarakat di sektor pelayanan publik. Temuan paling penting dalam penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan kinerja organisasi dalam memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat untuk dapat meningkatkan tingkat kepuasan mereka terhadap layanan yang diberikan oleh Disdukcapil Kabupaten Bandung Barat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject KINERJA ORGANISASI en_US
dc.subject KEPUASAN MASYARAKAT en_US
dc.subject DISDUKCAPIL KABUPATEN BANDUNG BARAT en_US
dc.title Pengaruh kinerja organisasi terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung Barat en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6072001028
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8926060022
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account