Abstract:
Generasi merupakan sebuah topik yang mulai ramai diperbincangkan saat ini, hal tersebut dibuktikan oleh bertambahnya penelitian-penelitian yang menjadikan generasi sebagai fokus dari penelitiannya. Ditemukan bahwa setiap generasi memiliki karakteristik berbeda yang mendukung timbulnya perbedaan pandangan antar generasi. Generasi milenial dan generasi Z merupakan kedua generasi yang sedang mendapatkan banyak perhatian pada saat ini. Selain itu, ditemukan pula bahwa keduanya merupakan generasi yang memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap isu lingkungan dibandingkan dengan generasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana karakteristik generasional mempengaruhi pandangan generasi milenial dan generasi Z terhadap kebijakan insentif pajak mobil listrik. Digunakan metode penelitian kuantitatif dengan kuosioner tertutup sebagai teknik pengumpulan data. Kemudian data-data tersebut akan dianalisis lebih lanjut menggunakan regresi linear sederhana. Ditemukan bahwa karakteristik generasional berpengaruh secara signifikan sebesar 64,7% terhadap pandangan generasional khususnya generasi milenial dan Z dalam memandang kebijakan insentif pajak mobil listrik dan keduanya memiliki hubungan yang positif dimana semakin terpenuhi suatu karakter maka pandangan suatu individu akan semakin terpengaruhi oleh karakter tersebut.