Abstract:
Tingkat Kepuasan Penggunaan Sarana Publik ini diteliti dikarenakan semakin maraknya orang – orang menggunakan kendaraan pribadi yang membuat jumlah kendaraan semakin meningkat, dan kemauan masyarakat untuk menggunakan moda transportasi umum masih minim maupun penambahan daya tarik masyarakat yang minim. Dalam melihat tolak ukur tingkat kepuasan masyarakat, masih adanya kendala yang dihadapi lingkungan Dinas Perhubungan Kota Bandung yang masih menjadi penghalang kesuksesan moda transportasi public. Penelitian ini sendiri bertujuan ingin menganalisis terhadap tingkat kepuasaan masyarakat dalam menggunakan bis damri yang beroprasi di Kota Bandung. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif deskripsi. Adanya landasan acuan dari teori yang digunakan adalah dari lima dimensi kualitas pelayanan dari Parasuraman dikutip oleh Tjiptono (dalam Eka et al., 2019:137), yang dimana lima dimensi tersebut adalah (1) Reliabilitas, (2) Responsiveness , (3) Assurance, (4) Empati, (5) Tangible. 6 Hasil dari penelitian ini menyimpulkan data – data hasil wawancara yang mendalam kepada konsumen pengguna sarana transportasi ini yang memang sering menggunakan Bus Damri, dimana tingkat kepuasan masyarakat perlu untuk semakin ditingkatkan dengan memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para pengguna moda kendaraan ini.