Analisis System Usability Aplikasi Mobile JKN dalam Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di Provinsi DKI Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Simanjuntak, Jeremia Gom Gom Parulian
dc.contributor.author Harun, Jason
dc.date.accessioned 2024-10-23T08:02:46Z
dc.date.available 2024-10-23T08:02:46Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46042
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19199
dc.description 10562 - FISIP en_US
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui sejauh mana usability aplikasi mobile JKN dalam pelayanan BPJS kesehatan dengan System Usability Scale (SUS) dengan menggunakan 3 variabel yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pada pengguna dan penyedia aplikasi mobile JKN. Aplikasi mobile JKN merupakan salah satu penerapan tekonologi di bidang pelayanan kesehatan yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan pada 2017 dengan tujuan memberikan kemudahan kepada masyakarat untuk mendapatkan layanan kesehatan. Aplikasi mobile JKN masih memiliki berbagai ulasan negatif berkaitan dengan masalah-masalah seperti kesulitan melakukan login, layar hitam, aplikasi yang tiba-tiba tertutup, dan masalah-masalah lainnya. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan evaluasi untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai usability dari aplikasi mobile JKN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 384 pengguna aplikasi dan wawancara kepada penyedia aplikasi. Penelitian ini menggunakan teori System Usability Scale dari John Brooke (1986) yang mana memiliki 3 variabel dengan 10 pertanyaan kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh dari teori SUS yakni responden telah merasakan adanya aplikasi mobile JKN yang telah efektif, efisien, dan kepuasan pada pengguna dan penyedia aplikasi. Hal ini ditandai dengan banyaknya responden yang merasakan adanya kemudahan dan manfaat pada aplikasi mobile JKN memahami dengan cepat bagaimana cara menggunakan aplikasi, serta aplikasi yang tidak membingungkan dan tidak rumit. Walau begitu, masih perlu untuk dilakukan berbagai upaya agar dapat lebih meningkatkan aplikasi mobile JKN agar dapat semakin memberikan kemudahan pada pengguna yakni dengan cara mengadakan sosialisasi seperti seminar atau webinar untuk memberikan edukasi pada masyarakat mengenai penggunaan aplikasi mobile JKN dan menciptakan fitur berupa notifikasi guna memberi pengguna pemberitahuan mengenai fitur baru atau tips penggunaan. Diharapkan adanya sistem usability yang baik pada aplikasi mobile JKN, tidak hanya memperbaiki dan meningkatkan pengalaman pengguna, melainkan juga berkontribusi pada keberhasilan dan keberlanjutan program JKN itu sendiri. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Aplikasi Mobile JKN en_US
dc.subject Teknologi en_US
dc.subject Pelayanan BPJS Kesehatan en_US
dc.title Analisis System Usability Aplikasi Mobile JKN dalam Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di Provinsi DKI Jakarta en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6072001080
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0419069301
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account