dc.description.abstract |
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui sejauh mana usability
aplikasi mobile JKN dalam pelayanan BPJS kesehatan dengan System Usability Scale
(SUS) dengan menggunakan 3 variabel yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pada
pengguna dan penyedia aplikasi mobile JKN. Aplikasi mobile JKN merupakan salah
satu penerapan tekonologi di bidang pelayanan kesehatan yang diluncurkan oleh BPJS
Kesehatan pada 2017 dengan tujuan memberikan kemudahan kepada masyakarat untuk
mendapatkan layanan kesehatan. Aplikasi mobile JKN masih memiliki berbagai ulasan
negatif berkaitan dengan masalah-masalah seperti kesulitan melakukan login, layar
hitam, aplikasi yang tiba-tiba tertutup, dan masalah-masalah lainnya. Berdasarkan hal
tersebut, maka diperlukan evaluasi untuk memperoleh pemahaman mendalam
mengenai usability dari aplikasi mobile JKN.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan
bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner
kepada 384 pengguna aplikasi dan wawancara kepada penyedia aplikasi. Penelitian ini
menggunakan teori System Usability Scale dari John Brooke (1986) yang mana
memiliki 3 variabel dengan 10 pertanyaan kuesioner.
Hasil penelitian yang diperoleh dari teori SUS yakni responden telah merasakan
adanya aplikasi mobile JKN yang telah efektif, efisien, dan kepuasan pada pengguna
dan penyedia aplikasi. Hal ini ditandai dengan banyaknya responden yang merasakan
adanya kemudahan dan manfaat pada aplikasi mobile JKN memahami dengan cepat
bagaimana cara menggunakan aplikasi, serta aplikasi yang tidak membingungkan dan
tidak rumit. Walau begitu, masih perlu untuk dilakukan berbagai upaya agar dapat lebih
meningkatkan aplikasi mobile JKN agar dapat semakin memberikan kemudahan pada
pengguna yakni dengan cara mengadakan sosialisasi seperti seminar atau webinar
untuk memberikan edukasi pada masyarakat mengenai penggunaan aplikasi mobile
JKN dan menciptakan fitur berupa notifikasi guna memberi pengguna pemberitahuan
mengenai fitur baru atau tips penggunaan. Diharapkan adanya sistem usability yang
baik pada aplikasi mobile JKN, tidak hanya memperbaiki dan meningkatkan
pengalaman pengguna, melainkan juga berkontribusi pada keberhasilan dan
keberlanjutan program JKN itu sendiri. |
en_US |