Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Klangenan Kabupaten Cirebon

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yuwono, Gina Ningsih
dc.contributor.author Purba, Erika Safitri
dc.date.accessioned 2024-10-18T06:49:51Z
dc.date.available 2024-10-18T06:49:51Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46033
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19154
dc.description 10553 - FISIP en_US
dc.description.abstract Kualitas pelayanan berperan penting dalam industri jasa untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pasien akan meningkat bilamana pasien merasa diperlakukan dengan hormat dan perhatian, serta mendapatkan informasi yang jelas dan mudah dipahami mengenai kondisi dan pengobatan mereka, tingkat kepuasan mereka cenderung meningkat. Secara parsial kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Terdapat beberapa indikasi masalah pada tiap variable. Variabel kualitas pelayanan yaitu pada dimensi tangible dan dimensi assurance. Sedangkan kepuasan pasien ada pada dimensi proses layanan kesehatan, system layanan kesehatan dan akses layanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa tinggi kualitas pelayanan kesehatan dan kepuasan pasien di Puskesmas Klangenan Kabupaten Cirebon serta mengetahui seberapa tinggi pengaruh pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di puskesmas Klangenan Kabupaten Cirebon.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisis kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada pasien pengguna BPJS di Puskesmas Klangenan Kabupaten Cirebon. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh masing-masing dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang cukup tinggi dan bersifat positif antara Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien. Besar pengaruh kinerja pegawai terhadap kepuasan pelanggan yaitu 31,3%. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan en_US
dc.subject Kepuasan Pasien, Sektor Publik en_US
dc.subject BPJS en_US
dc.subject Puskesmas en_US
dc.title Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna BPJS Kesehatan di Puskesmas Klangenan Kabupaten Cirebon en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6071901111
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8926060022
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI607#Ilmu Administrasi Publik


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account