Perancangan tas kantor wanita untuk Brand Labushky dengan memerhatikan aspek ergonomis

Show simple item record

dc.contributor.advisor Theresia, Clara
dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Purwoko, Neysa
dc.date.accessioned 2024-10-02T04:36:11Z
dc.date.available 2024-10-02T04:36:11Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45777
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18857
dc.description 6389 - FTI en_US
dc.description.abstract Di Indonesia, terdapat kurang lebih 50 juta orang yang berstatus sebagai pekerja kantor dan diantaranya berjenis kelamin wanita. Dalam melakukan kegiatan sebagai pekerja kantor, wanita cenderung membawa banyak barang pribadi dan barang-barang elektronik seperti laptop sehingga membutuhkan tas yang mampu memuat banyak barang dibanding pria. Kebutuhan para pekerja kantor wanita tersebut tidak selaras dengan tas yang ada di pasaran saat ini karena memiliki bentuk yang kecil, desain yang kurang elegan, serta adanya ketidaknyamanan yang timbul saat digunakan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk merancang tas wanita yang elegan dengan memerhatikan aspek ergonomis. Dalam melakukan perancangan tas kantor wanita, digunakan metode User Centered Design (UCD) RABBIT process yang berfokus pada pekerja wanita kantor. Dimulai dari tahap Research user yang merupakan proses identifikasi kebutuhan dan didapatkan sebanyak 8 kebutuhan. Dilanjutkan dengan tahap Assess the Situation dalam rangka menganalisis produk dari segi fungsi, lingkungan, organisasi, kompetitor, material, dan konten. Tahap ketiga yaitu Balance Needs, dimana dilakukan penerjemahan dari kebutuhan menjadi fitur-fitur pada tas yaitu tas dengan compartment, tas dengan lebar strap yang ditentukan, tas dengan kancing tekan atau putar, tas dengan luggage strap, dan tas dengan clutch kecil. Dilakukan penentuan ukuran untuk setiap fitur pada tas, dimana penentuan ukuran didasarkan pada barang yang dibawa di dalam tas serta ukuran antropomteri untuk wanita berusia 25-45 tahun. Setelah itu, dilakukan perancangan dan pemilihan tiga buah konsep pada tahap Build an Operative Image. Konsep terpilih merupakan konsep dengan bentuk tas ransel berotasi landscape dengan dua buah tali strap, pegangan tas, kunci tekan, compartment dan clutch, serta luggage strap. Kemudian dilakukan evaluasi terhadap konsep terpilih berdasarkan 8 kebutuhan yang ada dan didapatkan nilai rata-rata sebesar 4,48 dari seluruh kebutuhan yang menandakan bahwa seluruh kebutuhan telah terpenuhi menuju sangat terpenuhi en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Perancangan tas kantor wanita untuk Brand Labushky dengan memerhatikan aspek ergonomis en_US
dc.title Perancangan tas kantor wanita untuk Brand Labushky dengan memerhatikan aspek ergonomis en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6132001083
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0415019103
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account