Abstract:
Transportasi di lingkungan kampus memegang peranan penting dalam berjalannya kegiatan sehari-hari di perguruan tinggi. Namun, sering kali muncul beberapa masalah seperti keterbatasan ruang parkir, kemacetan lalu lintas, dan kurangnya efisiensi dalam penggunaan kendaraan pribadi. Dengan mempertimbangkan harga parkir yang berubah-ubah sesuai dengan jam sibuk kampus, penelitian ini memperkenalkan pendekatan yang dinamis untuk mengelola transportasi kampus. Variabel yang berkaitan dengan tarif parkir seperti diskon parkir, tarif parkir flat, dan hari pemberlakuan tarif dinamis juga dijadikan sebagai atribut dalam skema tarif parkir dinamis. Metode regresi logistik biner digunakan dalam penelitian ini untuk mempelajari preferensi pengguna tentang cara mereka mengangkut diri mereka ke kampus. Melalui pengumpulan data preferensi yang dinyatakan oleh responden, penelitian ini mengembangkan model regresi logistik biner. Model tersebut mempertimbangkan faktor-faktor seperti biaya parkir, jarak tempuh, biaya transportasi, dan preferensi transportasi lainnya. Tujuannya adalah untuk memahami sejauh mana pengaruh variabel-variabel tersebut terhadap pilihan transportasi yang dibuat oleh pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut dalam skema tarif parkir dinamis yang signifikan memengaruhi peluang keputusan responden adalah atribut tarif parkir saat datang dan diskon parkir. Variabel karakteristik responden yang berpengaruh terhadap model, yaitu variabel pemasukan atau uang saku responden dan tingkat kenyamanan posisi parkir UNPAR menurut responden.