dc.description.abstract |
Dewasa ini pertumbuhan konsumsi kopi di negara Indonesia mengalami peningkatan tiap
tahunnya. Masyarakat Indonesia menjadikan meminum kopi sebagai pola hidup
masyarakat Indonesia. Hal ini beriringan juga dengan peningkatan jumlah gerai kopi yang
ada di Indonesia, khususnya di kota Bandung yang saat ini semakin menjamur. Dengan
kondisi ini menjadikan persaingan antar kedai kopi di kota Bandung semakin tinggi dan
dapat mengalami peningkatan lagi. Aksa Coffee yang berdiri sejak Maret 2023 merupakan
kedai kopi yang berada kota Bandung. Pemilik Aksa Coffee merasa bahwa jumlah
penjualan tidak mengalami peningkatan dan tidak mencapai target penjualan. Pemilik
beranggapan bahwa kesulitan dalam persaingan kedai kopi di kota Bandung. Oleh karena
itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi minat beli
konsumen ketika ingin mengunjungi sebuah kedai kopi dan usulan perbaikan untuk
meningkatkan minat beli konsumen. Faktor-faktor yang diduga memengaruhi minat beli
konsumen diidentifikasi melalui studi pendahuluan dengan cara mewawancarai pihak
pemilik dan target pasar. Didapatkan sebanyak 7 variabel yaitu produk, harga, bukti fisik,
lokasi, kualitas produk, brand image dan promosi. Pengumpulan data dilakukan dengan
penyebaran kuesioner yang diperoleh sebanyak 115 data. Pengujian hipotesis yang
diduga memengaruhi variabel minat beli diujikan dengan menggunakan metode Partial
Least Square-Structural Equation Model (PLS-SEM). Pengujian dilakukan dengan
mengevaluasi model pengukuran yang memberikan hasil model sudah reliabel dan valid.
Kemudian evaluasi model struktural untuk memberikan hasil pengujian menunjukkan
terdapat 3 faktor yang berpengaruh signifikan yaitu variabel harga, brand image dan
promosi. Penentuan prioritas usulan perbaikan yaitu promosi, brand image dan harga yang
ditentukan dengan menghitung nilai rata-rata faktor. Usulan perbaikan yang dirancang
terdapat sebanyak 6 usulan yaitu melakukan promosi penjualan seasonal event,
mengundang blogger untuk mengulas Aksa Coffee hingga memberikan side dish
tambahan untuk memberikan nilai tambah. |
en_US |