Usulan rencana bisnis Kedai Kopi Harbour Coffee

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Sebastian, Joshua Leonardo
dc.date.accessioned 2024-09-20T06:00:04Z
dc.date.available 2024-09-20T06:00:04Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45755
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18736
dc.description 6367 - FTI en_US
dc.description.abstract Harbour Coffee merupakan salah satu usaha yang bergerak di sektor kuliner, yang menawarkan produk berupa makanan dan minuman. Kedai kopi Harbour Coffee berdiri sejak tahun 2021 yang berlokasi di Jalan Taruna Raya Nomor 43B, Kemayoran, Jakarta Pusat. Pada tahun 2023, kedai kopi Harbour Coffee merugi sehingga perlu untuk dilakukan perbaikan pada rencana bisnis kedai kopi tersebut. Hal tersebut dapat disebabkan karena lokasi yang kurang strategis, persaingan dengan kompetitor bisnis serupa dan beberapa faktor lainnya. Sebelum memberikan usulan rencana bisnis kedai kopi Harbour Coffee, terdapat beberapa hal yang akan dilakukan evaluasi di antaranya evaluasi BMC sebelumnya, evaluasi Five Porter’s Analytics dan analisis SWOT. Evaluasi BMC sebelumnya dibutuhkan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi yang tidak sesuai dengan Business Model Canvas. Selanjutnya terdapat evaluasi Five Porter’s Analytics yang bertujuan untuk melakukan identifikasi dan analisa kekuatan kompetitif di dalam suatu industri yang mampu membantu menentukan kelemahan dan kekuatan dari industri kedai kopi tersebut. Pada analisis SWOT bertujuan untuk menentukan strategi dan arah perusahaan pada masa depan serta melakukan perencanaan strategis sebelum menjalankan aktivitas bisnis kedai kopi. Setelah beberapa analisis tersebut selesai, dapat dilanjutkan untuk membuat Business Model Canvas usulan terhadap kedai kopi Harbour Coffee. Pada rencana legal, Harbour Coffee dapat melakukan pembuatan badan usaha berbentuk CV untuk melakukan pengembangan bisnisnya. Selanjutnya pada rencana pasar tersebut dibagi menjadi tiga aspek segmentasi yaitu demografis, psikografis dan geografis sehingga rencana pemasaran dapat sesuai dengan target pasar yang telah dituju. Pada aspek teknis dan operasional, kedai kopi Harbour Coffee dapat dikatakan layak karena memenuhi spesifikasi yaitu lokasi produksi dan penjualan, terdapat estimasi demand dan produksi, fasilitas produksi dan penjualan yang memadai serta terdapat tenaga kerja yang membantu kegiatan operasional. Pada aspek finansial dapat dikatakan layak karena kedai kopi Harbour Coffee telah memenuhi spesifikasi yang dapat dilihat dari Net Present Value sebesar Rp. 117.993.283, dengan diskon 10% dan juga Internal Rate of Return sebesar 13% per tahun. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan rencana bisnis Kedai Kopi Harbour Coffee en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901169
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account