Upaya perbaikan Toko Sepeda X (TSX) berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi niat beli konsumen

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Phoenix, Paulina
dc.date.accessioned 2024-09-13T09:30:09Z
dc.date.available 2024-09-13T09:30:09Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp45209
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18696
dc.description 6341 - FTI en_US
dc.description.abstract Industri persepedaan merupakan salah satu industri yang sedang berkembang cukup pesat. Toko Sepeda X (TSX) merupakan salah satu toko yang ikut berkompetisi di dalam perindustrian sepeda. TSX adalah toko sepeda offline yang terletak di Kota Cirebon dan telah berdiri sejak tahun 2004. TSX menyediakan berbagai macam sepeda. Pada tahun 2011 hingga 2021 total penjualan sepeda mulai menurun. Pemilik menduga penurunan total penjualan terjadi karena meningkatnya toko pesaing di Kota Cirebon. Peningkatan jumlah toko pesaing dapat menimbulkan potensi konsumen beralih ke toko pesaing. Berdasarkan wawancara awal terhadap 20 responden, 13 dari 20 responden mengetahui TSX namun hanya terdapat 5 responden yang pernah mengunjungi TSX. Oleh karena itu, dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat beli konsumen di TSX dan tingkat niat beli konsumen di TSX. Pada penelitian ini, langkah awal yang dilakukan adalah penentuan variabel dan atribut yang diduga memengaruhi niat beli konsumen. Penentuan variabel dan atribut didasari dari penelitian serupa yang telah dilakukan sebelumnya dengan mempertimbangkan hasil wawancara responden. Terdapat 7 faktor atau variabel independen yang digunakan, yaitu harga, promosi, keragaman produk, lokasi, kualitas pelayanan, atmosfer toko, word of mouth, dan 1 variabel dependen, yaitu niat beli. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online dan offline. Melalui penyebaran kuesioner, didapatkan 175 data untuk dilakukan pengolahan data. Metode yang digunakan untuk pengolahan data, yaitu analisis regresi linear berganda. Dari hasil pengolahan data, diperoleh 4 faktor yang memengaruhi niat beli konsumen secara signifikan, yaitu harga, kualitas pelayanan, atmosfer toko, dan word of mouth. Sedangkan, 3 faktor lainnya, yaitu promosi, keragaman produk, dan lokasi tidak memengaruhi niat beli konsumen secara signifikan. Terdapat 15 usulan yang diberikan dalam upaya perbaikan TSX. Dari 15 usulan tersebut, sebanyak 14 usulan disetujui oleh pemilik TSX dan 1 usulan dipertimbangkan oleh pemilik TSX en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Upaya perbaikan Toko Sepeda X (TSX) berdasarkan faktor-faktor yang memengaruhi niat beli konsumen en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131801017
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0417057401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account