Upaya Diplomasi Publik Tiongkok : studi kasus kerja sama pembangunan Shanghai Disney Resort dengan Walt Disney Company

Show simple item record

dc.contributor.advisor Martha, Jessica
dc.contributor.author Setyagraha, Nadira Adhiesqa Putri
dc.date.accessioned 2024-09-13T06:27:21Z
dc.date.available 2024-09-13T06:27:21Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45639
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18670
dc.description 10494 - FISIP en_US
dc.description.abstract Tiongkok yang awalnya tertutup terlihat mulai terbuka dengan budaya asing, terlebih ketika disepakatinya kerja sama antara Tiongkok dan Walt Disney Company dalam pembangunan Shanghai Disney Resort. Bahkan pembangunan taman hiburan Disney yang biasanya identik dengan nilai-nilai Barat, ternyata dapat digunakan sebagai alat diplomasi publik Tiongkok. Berangkat dari anomali tersebut, penulis merumuskan pertanyaan penelitian “Bagaimana upaya Tiongkok dalam memanfaatkan pembangunan Shanghai Disney Resort sebagai alat diplomasi publik negaranya?”. Dalam menjawab pertanyaan penelitian, penulis menggunakan konsep diplomasi publik, termasuk elemennya, yaitu diplomasi budaya, penyiaran internasional, dan advokasi. Pemanfaatan aset soft power, seperti budaya, nilai-nilai politik, dan kebijakan negara ikut digunakan dalam penelitian ini. Penulis juga meyakini bahwa diplomasi publik merupakan konsep yang sama dengan nation branding. Sementara itu, analisis pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, lebih tepatnya metode studi kasus dengan mengkaji secara mendalam upaya diplomasi publik Tiongkok melalui Shanghai Disney Resort. Penulis menyimpulkan bahwa upaya diplomasi publik Tiongkok tersebut dilakukan dengan memanfaatkan aset soft power negara. Tiongkok memanfaatkan budaya, seperti bahasa Mandarin, kaligrafi Tiongkok, warna merah, kepercayaan zodiak, dan sebagainya, yang diproyeksikan melalui diplomasi budaya serta penyiaran internasional. Pemanfaatan nilai politik, seperti nilai harmoni, tianxia, dan China Dream, diproyeksikan melalui advokasi serta penyiaran internasional. Lalu, kebijakan negara terkait perkembangan pada jalur damai juga dimanfaatkan melalui diplomasi budaya serta advokasi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject SOFT POWER en_US
dc.subject DIPLOMASI PUBLIK en_US
dc.subject TIONGKOK en_US
dc.subject NATION BRANDING en_US
dc.subject WALT DISNEY COMPANY en_US
dc.title Upaya Diplomasi Publik Tiongkok : studi kasus kerja sama pembangunan Shanghai Disney Resort dengan Walt Disney Company en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6092001010
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416039201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account