Usulan kombinasi atribut-level tas Laptop Labushky berdasarkan Metode Choice-Based Conjoint

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.author Safa, Adila
dc.date.accessioned 2024-09-12T03:17:17Z
dc.date.available 2024-09-12T03:17:17Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45754
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18614
dc.description 6366 - FTI en_US
dc.description.abstract Saat ini banyak kegiatan bisnis di Indonesia yang salah satunya yaitu Unit Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan akan meningkat hingga beberapa tahun ke depan termasuk UMKM dalam bidang fashion. Labushky merupakan salah satu brand UMKM di Indonesia yang akan menjual laptop-friendly handbags. Produk yang akan diproduksi oleh Labushky belum mempertimbangkan atribut-level yang harus dimiliki oleh tas laptop Labushky berdasarkan preferensi konsumen. Oleh karena itu, dilakukan penelitian menggunakan metode Choice-Based Conjoint (CBC) yang termasuk dalam metode analysis conjoint untuk menentukan kombinasi atributlevel tas laptop Labushky yang paling diinginkan konsumen. Proses identifikasi atribut dan level berdasarkan pada hasil wawancara kepada dua belas target pasar, pengamatan terhadap level-level yang saat ini ada di pasaran, dan informasi yang didapatkan dari pemilik brand Labushky mengenai identitas brand. Atribut-atribut yang teridentifikasi yaitu material, warna, harga, ukuran, design, aksesoris, dan compartments. Penentuan atribut dan level ini telah mempertimbangkan karakteristik umum yaitu actionable measures dan communicable measures. Perancangan kuesioner, pengumpulan data, dan pengholahan data berdasarkan metode Choice-Based Conjoint (CBC) menggunakan software Sawtooth. Perancangan kuesioner ini menggunakan lima prohibitions, sepuluh random task, dan dua fixed task. Pengolahan data dilakukan dengan metode Hierarchical Bayes. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan 176 data responden, diketahui bahwa kombinasi atributlevel yang sesuai dengan preferensi konsumen yaitu material kulit asli (59,99%), warna abu-abu (1,57%), harga Rp500.000,000-Rp999.999,00 (64,67%), ukuran 33,1cm x 30,6cm x 12,7cm (1,24%), design tote bag (19,39%), aksesoris ritsleting (7,81%), compartments lima (4,82%). Kombinasi atribut-level tersebut memiliki nilai share of preference 48,65% berdasarkan simulasi menggunakan market simulator pada software Sawtooth. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan kombinasi atribut-level tas Laptop Labushky berdasarkan Metode Choice-Based Conjoint en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6131901160
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account