Abstract:
Jalan tol merupakan jalan alternatif yang diharapkan dapat mempersingkat waktu perjalanan ke suatu tempat. Kinerja jalan tol dipengaruhi oleh perilaku pengguna jalan dalam berkendara. Salah satu perilaku yang sering dilakukan dan berpotensi mengganggu kinerja dan keselamatan jalan adalah perilaku berpindah lajur. Studi ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi perilaku pengemudi dalam berpindah lajur di jalan tol. Pada penelitian ini faktor yang dianalisis adalah kecepatan kendaraan, tingkat kerapatan kendaraan, serta jumlah kendaraan berat di jalan tol. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner stated preference dan dianalisis menggunakan metode regresi logistik biner. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas pengendara akan berpindah lajur jika menghadapi situasi seperti contoh kasus yang diberikan. Hasil peneltian yang didapatkan menyimpulkan bahwa hal yang mempengaruhi pengendara dalam berpindah lajur di jalan tol adalah kecepatan kendaraan, tingkat densitas kendaraan, dan jumlah kendaraan berat. Pengaruh paling besar terhadap keputusan pengendara dipengaruhi oleh kecepatan kendaraan lalu disusul oleh tingkat densitas kendaraan, dan jumlah kendaraan berat.