Abstract:
Willingness to pay merupakan konsep yang dapat digunakan untuk melakukan sebuah penelitian pasar yang bertujuan tuntuk dapat mengukur sejauh mana suatu individu dapat dan bersedia membayar untuk mendapatkan suatu produk, layanan ataupun jasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dapat mengestimasi nilai yang bersedia dibayarkan oleh masyarakat untuk layanan bus listrik, khususnya di kawasan perumahan Kota Bandung yang sudah ditentukan, yaitu Summarecon Bandung, Taman Kopo Indah, dan Kota Baru Parahyangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Contingent Valuation Method (CVM). Data pada penelitian ini menggunakan survei melalui Google Form dengan responden yang dituju kepada penghuni kawasan perumahan Summarecon Bandung, Taman Kopo Indah, dan Kota Baru Parahyangan. Dilakukan tiga pemodelan dalam mencari nilai WTP. Pada pemodelan pertama didapatkan nilai WTP sebesar Rp 4.454,249/penumpang. Pemodelan kedua didapatkan nilai WTP sebesar Rp 4.431,105/penumpang. Pemodelan ketiga didapatkan nilai WTP sebesar Rp 10.202,843/penumpang.