Segmentasi pelanggan dengan algoritma DBSCAN Clustering

Show simple item record

dc.contributor.advisor Abednego, Luciana
dc.contributor.author Salsabina, Adelia
dc.date.accessioned 2024-09-06T07:31:02Z
dc.date.available 2024-09-06T07:31:02Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45730
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18504
dc.description 2078 - FTIS en_US
dc.description.abstract Semakin banyaknya perusahaan membuat persaingan pasar semakin ketat. Oleh karena itu, perusahaan perlu memahami perkembangan pasar agar dapat bersaing secara efektif. Untuk mencapai hal ini, perusahaan harus mengembangkan strategi bisnis yang tepat dengan memahami kebiasaan dan kebutuhan pelanggan, karena hal ini mempengaruhi kesuksesan perusahaan. Dalam pengembangan strategi bisnis yang fokus pada kebiasaan dan kebutuhan pelanggan, salah satu pendekatan yang dapat diambil adalah dengan melakukan segmentasi pelanggan. Pelanggan dengan karakteristik serupa dikelompokkan bersama, sementara pelanggan dengan karakteristik yang berbeda dikelompokkan secara terpisah. Metode yang dapat digunakan adalah clustering. Pada tugas akhir ini, segmentasi pelanggan dilakukan menggunakan data dari PT. Jamkrindo cabang Jambi, sebuah perusahaan penjaminan kredit untuk UMKM. Teknik clustering, seperti algoritma DBSCAN dan k-Means, diterapkan untuk mendapatkan model segmentasi pelanggan. Selanjutnya, model RFM (Recency, Frequency, Monetary) diintegrasikan dengan hasil clustering untuk membentuk model segmentasi pelanggan yang menyeluruh. Evaluasi model dilakukan menggunakan metode silhouette index dan davies bouldin index. Data pelanggan PT. Jamkrindo dibagi menjadi dua jenis, yaitu pelanggan PT. Jamkrindo Perorangan dan PT. Jamkrindo Badan Usaha. Dari pembuatan model, algoritma DBSCAN lebih unggul dibandingkan algoritma k-Means. Hal ini disebabkan oleh nilai evaluasi clustering yang diperoleh dari data pelanggan PT. Jamkrindo Perorangan. Algoritma DBSCAN menunjukkan nilai silhouette index yang lebih tinggi (mendekati 1) dibandingkan dengan algoritma k-Means. Nilai silhouette index untuk clustering data pelanggan PT. Jamkrindo Perorangan menggunakan DBSCAN adalah 0.598, sedangkan dengan k-Means adalah 0.550. Sementara itu, untuk data pelanggan PT. Jamkrindo Badan Usaha, pembuatan model menggunakan algoritma DBSCAN menghasilkan kelompok pelanggan yang lebih bermakna dan dapat dibedakan dengan jelas berdasarkan nilai RFM. Kemudian dilakukan analisis karakteristik lebih mendalam untuk setiap kelompok pelanggan yang terbentuk, dan diberikan rekomendasi strategi bisnis. Implementasi dari hasil penelitian ini diterapkan dalam sebuah perangkat lunak berbasis website untuk menampilkan hasil segmentasi pelanggan beserta rekomendasi strategi bisnis. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi dan Sains - UNPAR en_US
dc.subject RFM en_US
dc.subject SEGMENTASI PELANGGAN en_US
dc.subject ALGORITMA DBSCAN en_US
dc.title Segmentasi pelanggan dengan algoritma DBSCAN Clustering en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6181901029
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410038101
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI618#Teknik Informatika


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account