Abstract:
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk membahas mengenai upaya gastrodiplomasi
yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia di Tokyo, Jepang. Tujuan Indonesia
melakukan gastrodiplomasi untuk meningkatkan hubungan diplomatik serta
memperkenalkan makanan tradisional khas Indonesia ke masyarakat dunia
sehingga, orang-orang akan mengenal Indonesia sebagai salah satu negara di dunia
dengan keberagaman budaya yang melimpah. Penelitian ini akan berfokus kepada
upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam proses gastrodiplomasi melalui
Diaspora di Tokyo, Jepang. Dengan pertanyaan penelitian, “Bagaimana upaya
gastrodiplomasi diimplementasikan oleh pemerintah Indonesia di Tokyo?”
penelitian ini akan membahas mengenai upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh
Indonesia dalam proses gastrodiplomasi menggunakan teori soft power yang
dikemukakan oleh Joseph Nye dan dengan menggunakan diplomasi publik yang
berangkat dari pemikiran Mark Leonard. Penelitian ini juga akan menggunakan
kerangka kerja SWOT sebagai pendukung untuk menganalisis upaya yang sudah
dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam proses gastrodiplomasi melalui
diaspora di Tokyo, Jepang, dan untuk membantu peneliti menemukan temuan akhir
dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif
yang diambil dari data-data yang sudah ada sebelumnya, baik dalam bentuk jurnal
penelitian, buku, dan sebagainya. Berdasarkan penelitian ini, penulis mendapatkan
jawaban bahwa upaya gastrodiplomasi yang dilakukan oleh Indonesia secara nyata
sudah mengalami kemajuan baik dalam memperkuat hubungan maupun
meningkatkan brand image terhadap makanan Indonesia di Jepang.