dc.contributor.advisor |
Martha, Jessica |
|
dc.contributor.author |
Joris, Alicia Kiandra Angelina |
|
dc.date.accessioned |
2024-08-19T06:28:12Z |
|
dc.date.available |
2024-08-19T06:28:12Z |
|
dc.date.issued |
2024 |
|
dc.identifier.other |
skp45636 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/18329 |
|
dc.description |
10491 - FISIP |
en_US |
dc.description.abstract |
Penelitian ini membahas peran Netflix yang mendukung pemerintah dalam
meningkatkan Gastrodiplomasi Korea Selatan. Popularitas negara Korea Selatan
yang meningkat dengan Hallyu, mendukung pengembangan aspek kebudayaan
Korea Selatan lainnya terutama dalam bidang kuliner dan makanan. Namun,
perkembangan program pemerintah dalam upaya Gastrodiplomasi negara tidak
maksimal dalam pelaksanaannya. Netflix sebagai sebuah media platform dapat
menjadi salah satu aktor non-negara yang mampu meningkatkan suatu soft power
untuk menjangkau dan mendukung pengembangan budaya negara-negara lain
secara global. Berdasarkan pernyataan tersebut, peneliti membuat pertanyaan
penelitian “Bagaimana Netflix Series: Street Food Asia mendukung upaya
Gastrodiplomasi Korea Selatan?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut,
peneliti menggunakan teori nation branding, strategi media relation dan konsep
digital food culture dengan metode penelitian analisis isi. Berdasarkan penelitian
yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa Netflix merupakan aktor
diplomasi non-negara yang mampu mendukung peningkatan soft power Korea
Selatan dengan menyediakan konten-konten yang berkaitan dengan negara salah
satunya dalam bidang gastrodiplomasi. Dalam Hubungan Internasional, Makanan
merupakan sebuah alat yang penting dalam berdiplomasi yang mampu menunjang
masyarakat untuk mengenal budaya suatu negara. Melalui program Netflix Series:
Street Food Asia, program tersebut menjangkau masyarakat global untuk
memperkenalkan makanan-makanan Korea Selatan yang ditayangkan melalui
proses pembuatan, alat yang digunakan, dan bahan-bahan yang digunakan.
Program menunjukkan sebuah kebudayaan dan identitas negara Korea Selatan
yang mengakibatkan banyak masyarakat global yang tertarik datang ke Korea
Selatan untuk mengunjungi dan mencoba makanan-makanan yang ditampilkan. |
en_US |
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
SOFT POWER |
en_US |
dc.subject |
NETFLIX |
en_US |
dc.subject |
KOREA SELATAN |
en_US |
dc.subject |
HALLYU |
en_US |
dc.subject |
GASTRODIPLOMASI |
en_US |
dc.subject |
STREET FOOD ASIA |
en_US |
dc.title |
Netflix series: street food Asia dalam mendukung Gastrodiplomasi Korea Selatan : studi kasus episode 6 Seoul, South Korea tahun 2019-2023 |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM6092001001 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0416039201 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional |
|