Netflix series: street food Asia dalam mendukung Gastrodiplomasi Korea Selatan : studi kasus episode 6 Seoul, South Korea tahun 2019-2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Martha, Jessica
dc.contributor.author Joris, Alicia Kiandra Angelina
dc.date.accessioned 2024-08-19T06:28:12Z
dc.date.available 2024-08-19T06:28:12Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp45636
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18329
dc.description 10491 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini membahas peran Netflix yang mendukung pemerintah dalam meningkatkan Gastrodiplomasi Korea Selatan. Popularitas negara Korea Selatan yang meningkat dengan Hallyu, mendukung pengembangan aspek kebudayaan Korea Selatan lainnya terutama dalam bidang kuliner dan makanan. Namun, perkembangan program pemerintah dalam upaya Gastrodiplomasi negara tidak maksimal dalam pelaksanaannya. Netflix sebagai sebuah media platform dapat menjadi salah satu aktor non-negara yang mampu meningkatkan suatu soft power untuk menjangkau dan mendukung pengembangan budaya negara-negara lain secara global. Berdasarkan pernyataan tersebut, peneliti membuat pertanyaan penelitian “Bagaimana Netflix Series: Street Food Asia mendukung upaya Gastrodiplomasi Korea Selatan?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan teori nation branding, strategi media relation dan konsep digital food culture dengan metode penelitian analisis isi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa Netflix merupakan aktor diplomasi non-negara yang mampu mendukung peningkatan soft power Korea Selatan dengan menyediakan konten-konten yang berkaitan dengan negara salah satunya dalam bidang gastrodiplomasi. Dalam Hubungan Internasional, Makanan merupakan sebuah alat yang penting dalam berdiplomasi yang mampu menunjang masyarakat untuk mengenal budaya suatu negara. Melalui program Netflix Series: Street Food Asia, program tersebut menjangkau masyarakat global untuk memperkenalkan makanan-makanan Korea Selatan yang ditayangkan melalui proses pembuatan, alat yang digunakan, dan bahan-bahan yang digunakan. Program menunjukkan sebuah kebudayaan dan identitas negara Korea Selatan yang mengakibatkan banyak masyarakat global yang tertarik datang ke Korea Selatan untuk mengunjungi dan mencoba makanan-makanan yang ditampilkan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject SOFT POWER en_US
dc.subject NETFLIX en_US
dc.subject KOREA SELATAN en_US
dc.subject HALLYU en_US
dc.subject GASTRODIPLOMASI en_US
dc.subject STREET FOOD ASIA en_US
dc.title Netflix series: street food Asia dalam mendukung Gastrodiplomasi Korea Selatan : studi kasus episode 6 Seoul, South Korea tahun 2019-2023 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6092001001
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416039201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account